Ilustrasi, foto: Freepik.com

Jangan Sepele, Ini 7 Tanda Laptop/PC Terkena Spyware

Wanovy | Teknologi | 20-08-2022

PARBOABOA - Menggunakan laptop adalah bagian dari kehidupan masyarakat. Baik itu untuk bekerja atau mengerjakan tugas, atau bahkan sekadar untuk hiburan.

Namun, dengan berbagai kasus yang memanfaatkan ketidaktahuan atau keteledoran pengguna, peretas (hacker) dapat menyusup dan mencuri data lewat PC atau laptop ketika Anda sedang santai.

Tanpa Anda sadari, iklan atau situs web yang dikunjungi dapat menjadi pintu belakang peretas untuk menyusup ke dalam PC tanpa diketahui.

Entah itu baterai laptop cepat terkuras, performa melambat, dan program sering crash, beberapa hal ini dapat menjadi peringatan untuk mewaspadai ada penguna yang memakai atau mengakses PC dan laptop Anda.

Nah, ingin tahu apa saja ciri-ciri Laptop atau komputer Anda terkena Spyware? Berikut ini beberapa tanda nya seperti dikutip dari beberapa sumber.

1. Kinerja laptop semakin lemot

Ciri-ciri laptop terkena virus yang pertama bisa dilihat dari kinerja laptop semakin lambat.

Masalah ini biasanya terjadi karena virus menggunakan resource RAM dan prosesor laptop sehingga kinerjanya menjadi lambat.

Jika kasusnya seperti ini langkah pertama adalah scanning virus dari laptop. Hindari dulu browsing atau membuka data, tunggu proses scanning sampai selesai.

2. Antivirus mendadak mati

Virus merupakan perangkat lunak yang memiliki berbagai kemampuan, salah satunya merusak program.

3. Baterai jadi boros

Ini merupakan hal yang sering dialami jika suatu perangkat terinfeksi spyware. Pengguna akan kebingungan karena baterai laptop mereka cepat habis, walau dipakai untuk pekerjaan ringan dan dalam waktu yang sebentar.

Penyebab baterai tersebut cepat habis atau boros ini dapat dikarenakan oleh adanya program spyware yang dijalankan peretas, yang turut menyedot kinerja prosesor laptop.

Tak hanya spyware, baterai laptop yang cepat habis ini juga dapat disebabkan karena ada peretas yang melakukan cryptomining menggunakan prosesor di laptop Anda.

4. Program sering bermasalah

Peretas sering kali mencari cara baru untuk mencuri data Anda. Mereka bisa saja menggunakan cara memasukkan kode tertentu ke dalam program untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan. Hal ini dapat membuat program beroperasi lebih lambat dan sering bermasalah.

Untuk mengantisipasi, jangan pernah menyimpan informasi finansial, seperti nomor kartu kredit ke dalam aplikasi.

Selain itu, usahakan untuk membuat kata sandi lebih rumit dan berbeda-beda untuk masing-masing layanan.

5. Webcam tiba-tiba nyala dan merekam

Anda harus mewaspadai jika aplikasi kamera atau perekam pada laptop/PC Anda tiba tiba aktif.

Karena saat ini para penjahat siber bisa saja memanfaatkan data berupa foto, video ataupun suara Anda.

Mereka menyadap kamera digital di PC untuk memata matai. Jika sudah begini maka privasi anda terbongkar begitu saja.

Salah satu cara untuk mengantisipasi ini adalah menutup kamera laptop atau PC dengan lakban ketika sudah tidak digunakan.

Selain mengantisipasi dari penjahat spyware juga bisa menjaga kamera agar terhindar dari debu.

6. Tiba-tiba muncul banyak iklan

Jika laptop/PC Anda tiba-tiba muncul banyak iklan, Anda perlu mewaspadainya. Memang sebagian iklan berbayar terhadap aplikasi browser yang ada saat ini.

Namun iklan tersebut memang perlu dicurigai, karena iklan tersebut bisa saja mampu menginfeksi PC anda dengan memunculkan banner atau popup plugin yang sangat mengganggu.

Hal ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para peretas untuk mendapatkan data kita.

7. Laman utama browser berubah

Satu lagi tanda yang cukup menjadi perhatian adalah tampilan utama browser Anda. Jika saat Anda membukanya dan menyadari ada yang berbeda dari biasanya, ada baik perhatikan lebih teliti.

Tak hanya itu, saat membuka browser dan tiba-tiba mengarahkan Anda ke situs web yang sama sekali belum pernah dikunjungi, ini berarti komputer atau laptop Anda sudah terinfeksi beberapa jeni software mata-mata.

Untuk mengatasi bahaya yang akan terjadi, ada beberapa cara agar latop tak mudah terserang virus yang bisa Anda coba.

Demikianlah informasi mengenai beberapa tanda dan ciri-ciri laptop terkena serangan spyware. Semoga bermanfaat!

Tag : #spyware    #malware    #internet    #teknologi    #laptop    #virus    #antivirus   

Baca Juga