Bendera Taliban

Taliban Kibarkan Bendera Kemenangan, Amerika Memperingati Serangan 11 September

rini | Internasional | 11-09-2021

PARBOABOA, Afganisthan - Bendera Taliban hari ini resmi berkibar di atas Istana Presiden Afghanistan. Sementara Amerika Serikat memperingati 20 tahun Serangan 11 September atau dikenal dengan sebutan 9/11.

Bendera Taliban pertama kali dikibarkan pada Jumat (10/9/2021) kemarin dan terlihat melambai-lambai di atas Istana Presiden Afghanistan di Ibu Kota Kabul pada Sabtu (11/9/2021).

Taliban bahkan mengecat bendera berlatar belakang putih mereka itu di pintu masuk gedung Kedutaan Besar AS.

Sementara Taliban merayakan kemenangan, Presiden AS Joe Biden memperingati 20 tahun peristiwa 9/11 dengan mengunjungi masing-masing lokasi pesawat yang dibajak dan jatuh pada 2001.

Sebanyak 3000 orang dilaporkan meninggal dunia atas tragedi pembajakan dari kelompok militan islam, Al Qaeda yang dipimpin Osama Bin Laden.

Sebanyak empat pesawat Amerika yang dibajak, ditabrakkan ke beberapa tempat di AS.

Dua pesawat meruntuhkan The Twin Tower dan memakan korban sebanyak 2.753 orang.

Salah satu pesawat ke gedung Pentagon di Virginia. Tragedi ini memakan korban sebanyak 184 orang. Dan pesawat keempat jatuh di lapangan Pennsylvania, sebanyak 40 orang dilaporkan tewas.

Bin Laden yang saat itu berada di Afghanistan dalam perlindungan Taliban yang berkuasa sejak 1996.

Tragedi inilah yang menjadi awal invasi Amerika ke Afganisthan karena penolakan Taliban untuk menyerahkan Osama Bin Laden.

Namun tahun ini, Amerika kembali harus memperingati tragedi ini, sambil menelan pil pahit atas kembali berkuasanya Taliban di Afganisthan.

Tag : #internasional    #taliban    #amerika serikat    #serangan 11 september   

Baca Juga