Mau Saingi Gojek dan Grab, Taksi Online Air Asia Resmi Meluncur di Indonesia

Penulis : Wanovy | Teknologi | 03-11-2022

Taksi Online Air Asia, foto: Bisnis.com

PARBOABOA - AirAsia Super App Indonesia bakal meluncurkan layanan ride hailing atau taksi online bernama AirAsia Ride khusus di wilayah Bali pada hari ini (2/11/2022).

Layanan tersebut bakal menjadi pesaing Grab dan Gojek. Layanan tersebut sudah tersedia di aplikasi mobile AirAsia dengan ikon bergambar mobil bertuliskan Ride.

Dalam aplikasi tersebut, layanan ini baru bisa digunakan di Bali saja. Rencana peluncuran tersebut memang sudah diumumkan sejak akhir September 2022.

Manajemen AirAsia Super App Indonesia memang berniat meluncurkan layanan taksi online pada November tahun ini.

“Saat ini kami tengah dalam tahap pengembangan untuk layanan Air Asia Ride berupa transportasi taksi online (roda empat) yang direncanakan mulai operasional pada November di Bali,” tulis Air Asia seperti dikutip dalam siaran pers.

Pihak manajemen menyebut bahwa dalam jangka pendek, skema dan model bisnis yang diterapkan akan masih sama dengan pesaingnya seperti Gojek, Grab, hingga Maxim.

Kendati demikian, penyedia super app milik grup Capital A ini tidak ingin menutup kemungkinan untuk memiliki pengemudi sendiri atau bukan sekadar mitra.

“Tentunya kami juga memiliki visi jangka panjang untuk membangun basis pengemudi internal. Dalam prosesnya, kami tetap harus menyesuaikan pada kondisi market setempat serta peraturan pemerintah yang berlaku untuk skema dan model bisnis yang diterapkan,” kata manajemen.

Menu "Ride" kini sudah muncul di aplikasi AirAsia versi 11.36.1. Aplikasi AirAsia bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

Jika pengguna yang berada di luar Bali mencoba mengakses AirAsia Ride, maka pengguna tidak bisa memesan taksi online dan hanya akan menjumpai notifikasi sebagai berikut: "Ride is currently unavailable here..." (Layanan Ride saat ini belum tersedia di sini...).

Notifikasi tersebut mengindikasikan bahwa pengguna sedang berada di wilayah yang tidak terjangkau dengan layanan AirAsia Ride.

Dengan kata lain, AirAsia Ride masih belum tersedia di wilayah tempat pengguna. Belum diketahui kapan layanan AirAsia Ride juga akan beroperasi di kota-kota lainnya di Indonesia.

Dengan kehadiran layanan taksi online, AirAsia Group terus menuju cita-citanya menjadi SuperApp.

Saat ini, aplikasi AirAsia sudah menyediakan banyak layanan secara langsung di dalam aplikasi mulai dari layanan AirAsia Food (pesan-antar makanan), Flights (membeli tiket pesawat), Hotels (memesan kamar hotel), Travelmall (belanja produk duty-free), Transport (beli tiket bus, feri, dan kereta), dan yang paling baru AirAsia Ride (pesan taksi online).

Di dalam aplikasi AirAsia, ada menu "Xprees" dengan keterangan "soon" (segera). Ini mengindikasikan bahwa AirAsia bakal menghadirkan layanan antar barang di aplikasinya.

Editor : -

. Tag : #air asia    #air asia ride    #teknologi    #apps    #super app   

Baca Juga