Ilustrasi

Tahun Depan, Game Android Bakal Bisa Dimainkan di PC Windows Tanpa Emulator

Wanovy | Teknologi | 15-12-2021

Pekan lalu, Google mengumumkan bahwa perusahaannya bakal menghadirkan game Android untuk sistem operasi Windows.

Dikutip dari The Verge, Google menyebutkan bahwa game Android akan mulai tersedia untuk Windows 10 dan Windows 11 melalui platform Google Play Games mulai tahun 2022 mendatang.

Itu artinya pengguna komputer Windows tak perlu repot-repot lagi memasang emulator sebagai cara bermain game PC di Android.

Pengumuman tersebut dibuat oleh Google pada Kamis (9/12) lalu. Perusahaan mengatakan bahwa aplikasi akan berkembang di luar perangkat Android dan ChromeOS.

“Mulai pada 2022, pemain akan dapat merasakan game Google Play favorit mereka di lebih banyak perangkat, beralih dengan mulus antara ponsel, tablet, Chromebook, dan segera, PC Windows,” ujar Greg Hartrell selaku direktur produk Google untuk game di Android dan Google Play, seperti dilansir Trusted Reviews, Sabtu (11/12).

Hartell mengatakan bahwa produk buatan Google tersebut menghadirkan yang terbaik dari Google Play Game ke lebih banyak laptop dan desktop.

Raksasa teknologi tersebut mengaku sangat senang dapat memperluas platform bagi orang-orang, secara khusus para gamer untuk lebih menikmati game Android favorit mereka.

Sementara itu, juru bicara Google Alex Garcia-Kummert mengatakan, perusahaan telah membuat aplikasi ini sendiri, yang berarti Google belum bermitra dengan Microsoft, BlueStacks, atau lainnya di sini.  

Nantinya, aplikasi yang akan datang juga memungkinkan pemain melanjutkan game di PC desktop, setelah memainkannya di ponsel, tablet, atau Chromebook. Untuk itu, para gamer dapat memainkan game PC di Android.

Untuk saat ini, Google hanya menggoda pengguna selama The Game Awards. Perusahaan menjadwalkan perilisan yang dijanjikan sekitar tahun depan.

Rencana ini juga diumbar melalui sebuah cuplikan video yang diunggah akun Twitter dengan handle @thegameawards.

Dalam video berdurasi 15 detik itu, disebutkan pula bahwa pengguna bakal bisa memainkan game Android favorit mereka di PC Windows tahun depan. Selain itu, memungkinkan pengguna melanjutkan progres permainan mereka dari smartphone ke laptop.

Kendati demikian, baik Hartrel dan cuplikan video di atas tidak mengumbar secara rinci kapan aplikasi Google Play Games hadir di beragam perangkat PC Windows.

Mereka juga tidak menyebutkan apakah aplikasi Google Play Games bakal hanya tersedia di komputer Windows 11 saja atau juga tersedia di Windows 10 dan beberapa versi Windows sebelumnya. 

Yang jelas, seorang juru bicara Google mengatakan bahwa aplikasi ini bakal menghadirkan beragam game Android "terbaik" ke ekosistem Windows.

Dengan kata lain, ada kemungkinan Google akan melakukan kurasi terhadap sejumlah game-game menarik, alias tidak memboyong seluruh game yang terdaftar di toko aplikasi Play Store ke aplikasi Google Play Games di PC.

Tag : #google    #google play games    #game pc windows di android    #game pc tanpa emulator   

Baca Juga