Jason Reitman

Sutradara Jason Reitman Buat Film Pendek Pakai iPhone 13

Wanovy | Teknologi | 01-12-2021

Sutradara film peraih nominasi Oscar Jason Reitman dan ayahnya, Ivan Reitman, bekerjasama dengan Apple dalam menggarap sebuah film berjudul “Saving Simon”.

Menariknya, alih-alih menggunakan kamera atau alat perekam profesional, Jason justru merekam film tersebut sepenuhnya menggunakan iPhone 13 Pro, yang dirilis Apple pada September lalu.

Film pendek berdurasi sekitar tiga menit itu menceritakan tentang sosok gadis kecil bernama Olive yang memiliki boneka salju bernama Simon.

Di film tersebut, Olive berusaha menjaga Simon agar tidak dirusak oleh tetangganya yang suka menghancurkan boneka salju di pinggir jalan.

Olive kemudian menyimpan Simon di dalam kulkasnya agar bentuknya tidak berubah hingga musim salju kembali datang.

Saat musim salju tiba, Olive pun bergegas mengeluarkan Simon dari dalam kulkas ke pekarangan depan rumahnya yang dipenuhi dengan gumpalan es.

Namun, tak lama setelah diletakkan, Simon ditabrak oleh pengendara sepeda yang melintas tepat di depannya. Olive pun membuat boneka salju pengganti Simon dari tumpukan es yang menyelimuti halaman rumahnya.

Karena film ini dibuat dalam rangka menyambut liburan akhir tahun, pada bagian penutup video tertulis kutipan yang berbunyi "To the ones we’ve waited all year to be with. Happy Holiday" (Yang sudah kami tunggu-tunggu sepanjang tahun. Selamat berlibur)”, tutup iklan tersebut.

Film Saving Simon garapan Jason Reitman dan Ivan Reitman ini bisa Anda tonton melalui kanal YouTube resmi Apple di tautan berikut.

Dalam deskripsi, disebutkan bahwa video tersebut dibuat dengan memanfaatkan sejumlah fitur kamera iPhone 13 seperti Cinematic Mode serta video makro.

Dalam video behind the scene yang dibagikan, terlihat proses pembuatan film pendek Saving Simon yang direkam dengan iPhone 13 Pro varian warna Sierra Blue.

Sutradara film Ghostbusters itu menjelaskan bahwa ponsel yang kita gunakan sehari-hari saat ini bisa menjadi salah alat yang paling mudah untuk merekam momen-momen terbaik.

 "Saya selalu mencari cara untuk bercerita. Salah satu gagasan saya yaitu menggunakan ponsel untuk membuat film," tutur Jason.

Sementara itu, Director of Photography, James Whitaker menjelaskan bahwa Cinematic Mode di iPhone 13 menjadi salah satu fitur yang sangat membantu dalam menghasilkan video yang kualitasnya professional.

Selain Cinematic Mode, kamera ultra wide di iPhone 13 Pro juga turut digunakan untuk mengambil beberapa adegan di film Saving Simon ini.

"Kamera ultra wide benar-benar bisa diandalkan untuk melakukan makro, karena memberi fokus pada sesuatu yang diambil. Ini semacam perspektif yang unik," ujar James.

Di samping itu, Apple juga mengumumkan peluncuran Holiday Gift Guide dan serangkaian kartu Natal yang dipersonalisasi melalui Today at Apple.

Mulai hari ini, Panduan Hadiah Natal Tahunan Apple tersedia di situs web untuk membantu mempermudah pilihan hadiah bagi pelanggan. Panduan ini memberikan rekomendasi khusus untuk fotografer dan profesional kreatif, serta mereka yang menyukai kesehatan, kebugaran, dan hiburan.

Sesuai dengan kecanggihan yang diberikan Apple, ketersediaan iPhone 13 diperkirakan akan meningkat dalam beberapa minggu mendatang saat musim liburan mendekat. Namun, seperti produk lainnya, iPhone juga menderita akibat kekurangan chip global yang mempengaruhi produksi.

Tag : #iphone 13    #apple    #film pendek    #jason reitman    #sutradara    #cinematic mode   

Baca Juga