Surat Yusuf Ayat 4: Latin, Arti, Cara Mengamalkan dan Keutamaannya

Sari | Islam | 28-12-2022

Surat Yusuf Ayat 4 (Foto: Parboaboa/Lamsari)

PARBOABOA, Pematang Siantar – Surat Yusuf ayat 4 adalah surat ke 12 dalam kitab Al Quran yang terdiri dari 111 ayat. Surat ini tergolong dalam kategori surat Makkiyah, karena diturunkan di Kota Mekkah.

Hal yang terkandung dalam Surat Yusuf ayat 4 merupakan peristiwa yang menjelaskan tentang mimpi yang dialami oleh Nabi Yusuf AS. Salah satunya tentang mengabarkan wahyu yang diturunkan Allah SWT.

Biasanya surat ke 12 dalam Al Quran tersebut menjadi ayat yang diamalkan wanita Muslim untuk mempermudah jodoh dan memikat hati pria. Lantas, bagaimana cara mengamalkannya? dan apa artinya? Berikut ini Parboaboa sudah merangkum dari berbagai sumber tentang surat Yusuf ayat 4. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Lafal Surat Yusuf Ayat 4 Arab, Latin dan Artinya

Berikut ini merupakan lafal surat ke 12 dalam Al Quran, latin dan artinya:

ِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ

Latin: Idz qaala yuusufu liabiihi yaaa abati inniii ra aiytu ahada 'asyara kaukaban wasysyamsya wal qomaro ra aituhum lii saajidiin.

Artinya: (Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.” (QS. Yusuf: 4).

Menurut tafsir Al Quran Kementerian Agama (Kemenag) bahwa mimpi yang dialami oleh Nabi Yusuf AS merupakan pertanda bahwa Allah telah menurunkan wahyu kepadanya.

Suatu ketika, Nabi Yusuf menceritakan tentang mimpinya pada sang ayah, Nabi Yakub AS. Sang ayah yang menyadari bahwa mimpi yang dialami putranya bukanlah mimpi biasa. Namun, mimpi tersebut biasanya dialami oleh para nabi Allah.

Dijelaskan dalam Surat tersebut, Nabi Yusuf melihat sebelas bintang sebagai saudaranya yang berjumlah sebelas. Kemudian matahari diyakini sebagai sang ayah dan bulan sebagai sang ibu. Mereka semua terlihat sedang sujud kepada Nabi Yusuf. Namun, sujud yang dimaksud dalam ayat tersebut bukanlah sujud yang sebenarnya.

"Tentu saja sujud di sini bukan dengan arti menyembah seperti yang kita kenal, tetapi hanyalah sujud dalam arti kiasan yaitu tunduk dan patuh. Sujud dengan arti tunduk dan patuh itu ada juga terdapat dalam Al-Quran," tulis Kemenag.

Kisah di balik ayat tersebut menggambarkan kasih sayang seorang ayah kepada anaknya. Nabi Yaqub yang mendengar mimpi sang putra merasa khawatir dan berupaya menutupi fakta tersebut dan saudara-saudara Nabi Yusuf yang lain.

"Tergambarlah dalam khayal Nabi Yakub bagaimana nasib anaknya bila mimpi itu diketahui oleh saudara-saudaranya, tentulah mereka dengan segala usaha dan tipu daya akan mencelakakannya," bunyi salah satu poin dari tafsir Kemenag.

Cara Mengamalkan Surat Yusuf Ayat 4

Berikut cara mengamalkannya, di antaranya adalah:

1. Niat ikhlas dengan mengharap ridho Allah adalah dengan cara mengamalkannya, meniatkan dalam hati dengan penuh keikhlasan.

2. Membaca Surat Yusuf Ayat 4 untuk jodoh sebanyak 3 kali Amalan. Berikutnya yakni membaca ayat tersebut sebanyak 3 kali dibaca sehabis sholat fardhu. Selain itu, kondisi tubuh suci dari hadas kecil maupun besar.

اِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ

Latin: Idz qaala yuusufu liabiihi yaaa abati inniii ra aiytu ahada 'asyara kaukaban wasysyamsya wal qomaro ra aituhum lii saajidiin.

Artinya: (Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.” (QS. Yusuf: 4).

3. Setelah membacanya sebanyak 3 kali, lalu usapkan kedua tangan ke wajah.

Keutamaan Surat Yusuf ayat 4

Terdapat beberapa keutamaan membaca Surat Yusuf ayat 4. Berikut di antaranya:

1. Bagi siapa yang membacanya, maka wajah akan berseri-seri, selalu disegani dan dihormati oleh orang lain.

2. Ketika seseorang membacanya, dipercaya akan mudah mendapatkan jodoh atau memikat hati serta mampu meluluhkan hati seseorang.

3. Selain di ayat ke-4, manfaat berikutnya terdapat pada ayat ke-64, yaitu bagi orang yang membacanya akan terhindar dari kesulitan hidup. Selain itu, bagi orang tua yang membaca ayat ke-68 surat Yusuf, maka anaknya diharapkan menjadi keturunan yang saleh yang berbakti kepada orang tuanya.

 FAQ – Tentang Surat Yusuf Ayat 4

  • Surat Yusuf ayat 4 untuk apa?

Membaca surat tersebut dipercaya dapat memudahkan seseorang bertemu jodoh atau memikat hati seseorang.

  • Surat Yusuf ayat 4 dibaca kapan?

Selanjutnya surat tersebut dibaca ketika sudah selesai berwudhu, setelah itu bacakan lalu tiupkan pada kedua telapak tangan, sapukan ke wajah agar mendapatkan kesempurnaan niat untuk jodoh atau pasangan. Amalkan secara rutin sesudah salat 5 waktu.

  • Apakah Surat Yusuf ayat 4 bisa untuk memikat wanita?

Diyakini surat tersebut sebagai doa Nabi Yusuf AS yang mampu memikat hati laki-laki maupun wanita. Beberapa ulama menganjurkan kepada umat Muslim untuk membacanya sebanyak 7 kali setelah menunaikan salat fardhu.

Tag : #pendidikan islam    #surat yusuf ayat 4    #pendidikan    #doa    #al quran    #nabi yusuf   

Baca Juga