Sungai terdalam di dunia (orami.co.id)

7 Sungai Terdalam di Dunia, Salah Satunya Sungai Lintas-batas di Asia Tenggara

Wulan | Internasional | 08-08-2022

PARBOABOA - Sungai merupakan salah satu unsur penting di alam, berupa aliran air yang mengalir dari hulu ke hilir. Maka dari itu manfaat sungai begitu penting bagi seluruh makhluk hidup baik hewan, tumbuhan maupun manusia.

Sungai juga memiliki karakteristiknya masing-masing, disertai bentukan yang berbeda-beda. Oleh karenanya, selain memiliki bentuk yang panjang, ada pula sungai yang berkedalaman tinggi.

Pastinya pembaca setia artikel Parboaboa.com ingin tahu kan mana saja sungai terdalam di dunia? Langsung aja yuk simak ulasannya berikut ini.

7. Sungai Yellow (Asia)

Ada sungai Yellow atau dikenal juga dengan Huang He yang menduduki peringkat ketujuh sungai terdalam di dunia. Sungai Kuning juga disebut sebagai "tempat lahirnya peradaban China", dan menjadi wilayah paling makmur dalam sejarah awal China.

Sungai ini berada di negara Asia Bagian Timur yakni Tiongkok. Diketahui, sungai ini memiliki kedalaman sekitar 79,8 meter dan mengalir sepanjang 5.464 kilometer.

6. Sungai Mekong (Asia)

Di peringkat ke enam ada sungai Mekong sebagai sungai terdalam di dunia. Sungai Mekong memiliki kedalaman hampir 100 meter. Mekong merupakan sebuah sungai lintas-batas di Asia Tenggara. Sungai Mekong mengalir sepanjang 4.350 kilometer melewati negara Kamboja, Myanmar, Laos, Vietnam, Thailand, dan Tiongkok.

5. Sungai Amazon (Amerika Selatan)

Sungai terdalam di dunia selanjutnya adalah Sungai Amazon. Sungai Amazon membentang sepanjang 6.400 kilometer melalui Brazil, Peru, Kolombia, Ekuador, Bolivia, dan Venezuela. Sungai yang dua kali lebih besar dari Sungai Kongo ini memiliki kedalaman sekitar 100 meter. Hal tersebut menjadikan Sungai Amazon sebagai sungai terdalam kelima di dunia.

4. Sungai Zambezi (Afrika)

Ada Sungai Zambezi di urutan ke empat sungai terdalam di dunia. Sungai Zambezi memiliki kedalaman sekitar 381 kaki atau 116,1 meter. Zambezi adalah sungai terpanjang ke empat di Afrika dan mengalir sepanjang 2.574 kilometer. Sungai ini juga menjadi rumah bagi beragam hewan.

Dilansir dari New World Encyclopedia, Sungai Zambezi mengalir dari Zambia melalui Angola, sepanjang tepi Nambia, Botswana, Zimbabwe, dan Mozambik, lalu bermuara di Samudra Hindia.

3. Sungai Danube (Eropa)

Sungai Danube yang bermuara di Jerman, mengaliri banyak negara seperti Austria, Slovakia, Hongaria, Kroasia, Serbia, Rumania, Moldova, Bulgaria, dan juga Ukraina. Sungai terpanjang kedua di Eropa ini memiliki titik terdalam sekitar 178 meter. Hal tersebut membuat Sungai Danube menjadi sungai terdalam ketiga di dunia.

2. Sungai Yangzte (Asia)

Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang di China dan Asia, dan sungai terpanjang ketiga di dunia. Sungai ini sangat dijaga kelestariannya karena diperdayakan sebagai pusat pariwisata, perlindungan banjir, pembangkit listrik dan konservasi air di China. Sungai Yangtze sendiri memiliki kedalaman mencapai 200 meter dan panjang hingga 6.418 kilometer.

1. Sungai Kongo (Afrika)

Sungai terdalam di dunia yang berada di peringkat pertama adalah Sungai Kongo di Afrika. Dilansir dari The New York Times, sungai Kongo pada beberapa bagian memiliki kedalaman sekitar 220 meter, digunakan dalam sungai terdalam di dunia. Kedalaman tersebut membuat sinar matahari tidak dapat menembus dasar sungai. Sehingga, dasar Sungai Kongo berada dalam bayangan.

Selain sungai terdalam, sungai yang disebut sebagai Sungai Zaire tersebut adalah sungai terpanjang kedua di Afrika.

Itu dia ulasan mengenai tujuh sungai terdalam di dunia, yang pastinya bisa menambah wawasan kalian tentang sungai. Bagaimana? Tertarik mengunjungi dan menjelajahi nya? Komen di bawah ya!

Tag : #terdalam    #sungai terdalam di dunia    #internasional    #sungai kongo    #sungai yangzte    #sungai danube    #sungai zambezi   

Baca Juga