SPBU di Makassar yang mengalami kebocoran pipa ditutup sementara.

SPBU di Makassar Bocor, BBM Meluber ke Got

Maraden | Daerah | 16-10-2021

PARBOABOA, Makassar – Kebocoran terjadi pada bak penampungan bahan bakar minyak (BBM) milik SPBU Pertamina yang berada di Jalan Racing Centre, Karampuang, Panakukang Makassar, Sulawesi Selatan. Jumat (15/10/2021).

Kebocoran itu terjadi sejak enam hari lalu. Akibatnya, BBM dari SPBU itu mengalir masuk ke saluran air. Warga yang berada di sekitar SPBU pun resah dengan kejadian itu.

Petugas SPBU telah berusaha menutup sumber kebocoran, namun BBM tetap meluber hingga pemukiman warga melalui saluran air. Akibat kebocoran terebut, pihak pengelola SPBU telah menutup sementara SPBU dan memberhentikan aktivitas penjualan BBM.

Admin SPBU Pertamina Racing, Muhajirin menyebut kebocoran tersebut diketahui berawal dari warga yang melihat adanya percikan api yang muncul di got yang terhubung dengan saluran pipa pertamina.

Pihaknya menjelaskan, SPBU mengalami losses yang tidak seperti biasanya sehingga dilakukan pengecekan pada pompa dan tangki penampungan BBM. Hasilnya ditemukan kebocoran packing pada pompa BBM jenis Pertalite yang tidak terpakai yang menimbulkan rembesan pada pipa.

Muhajirin mengatakan pihaknya telah melakukan perbaikan dan memastikan sudah tidak ada lagi kebocoran. Namun SPBU belum beroperasi kembali karena masih menunggu persetujuan assessment dari pihak Pertamina untuk kembali beroperasi atau tidak.

Akibat kebocoran itu, sekitar 400 liter BBM jenis Pertalite terbuang. Selanjutnya, pihak SPBU menyebut telah memberikan cairan semikal pada saluran air yang terhubung ke SPBU. Cairan itu berfungsi untuk mematikan fungsi minyak agar tidak menimbulkan percikan api.

“Kami sudah kasi cairan semikal agar minyak yang merembes di selokan tidak menimbulkan percikan api. Kalau perhitungan losses sekitar 400 liter kemarin”, tutupnya.

Tag : daerah, makassar, sulawesi selatan, pertamina, spbu, spbu bocor, bbm meluber

Berita Terkait