Soal Isu Dukung Anies Baswedan, Jusuf Kalla Buka Suara

Maesa | Politik | 29-10-2022

Wakil Presiden ke-10 dan 12, Jusuf Kalla (JK). (Foto: dok.tim komunikasi JK)

PARBOABOA, Jakarta - Wakil Presiden ke-10 dan 12, Jusuf Kalla (JK), menegaskan dirinya tak memberi dukungan secara khsuus kepada Anies Baswedan untuk menjadi calon presiden (capres).

Saat ditanya terkait keakraban dengan Anies apakah jadi pertanda ikut mendukung di Pemilu 2024, Jusuf Kalla mengatakan bahwa dia selalu menjaga hubungan dengan semua tokoh. Termasuk Anies, Prabowo Subianto, hingga Puan Maharani.

“Saya kenal baik sebetulnya sama Anies, bersahabat dengan Prabowo, bersahabat dengan Bu Puan, semua baik,” ujar Jusuf Kalla ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2022) malam.

Pria yang akrab disapa JK ini menilai, dalam pemilihan capres bukanlah dilihat dari figur tertentu, akan tetapi lebih mementingkan kriteria.

“Kita memilih pemimpin yang dapat memajukan negeri ini dengan adil," ucapnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, JK memaparkan terdapat empat kriteria utama. Pertama, harus mempunyai jiwa kepemimpinan. Tanpa jiwa kepemimpinan, menurutnya, presiden tak akan mampu mengatur bangsa yang besar ini.

"Kedua, harus punya pengetahuan yang baik. Ketiga, harus punya pengalaman. Keempat, harus punya track record yang baik," papar JK.

JK menyatakan, itulah sosok pemimpin yang akan ia pilih dan menurutnya, masyarakat juga akan seperti dirinya, memilih pemimpin yang mempunyai kriteria tersebut.

Kendati demikian, Kalla enggan menjawab ketika ditanya apakah Anies memenuhi kriteria tersebut. Dia menyebut, masyarakatlah yang dapat menilai apakah Anies masuk dalam kriteria atau tidak.

"Masyarakat yang menilai, bukan saya," imbuh JK.

Tag : #jusuf kalla    #anies baswedan    #politik    #prabowo    #puan maharani    #capres    #parpol    #jakpus    #   

Baca Juga