Sirkuit Sentul sedang berbenah meningkatkan standar agar memenuhi persyaratan event kelas dunia seperti MotoGP atau Formula Satu.

Tak Hanya Mandalika, Sirkuit Sentul akan Bisa Gelar MotoGP dan F1

Maraden | Olahraga | 16-12-2021

PARBOABOA, Bogor – Tak hanya sirkuit Mandalika di Lombok yang bisa menjadi tempat ajang balap motor terbesar di dunia, MotoGP. Nantinya Sentul Intenational Circuit atau sering disebut sirkuit Sentul, juga akan dapat menyelenggarakan ajang balap motor paling bergengsi itu.

Pemilik sirkuit Sentul sekaligus Komisaris Sentul International Circuit, Tinton Soeprapto mengatakan pihaknya saat ini tengah berbenah demi meningkatkan standar sirkuit agar memenuhi persyaratan event kelas dunia seperti MotoGP atau Formula Satu.

Tinton mengatakan, sebagai lintasan permanen, Sirkuit Sentul punya kans besar untuk menggelar MotoGP. Terlebih jika renovasi dan revitalisasi yang dilakukan dengan desain baru bisa diakui FIA dan FIM dalam memenuhi standar minimal Grade 2.

Namun lebih lanjut Tinton mengatakan menjadi tuan rmah MotoGP ataupun Formula 1 bukanlah fokus utama dari Sentul International Circuit dalam waktu dekat.

Menurut dia sebagai bagian dari tuan rumah baik, sirkuit Mandalika yang telah resmi menjadi lokasi MotoGP harus tetap didukung. Karena Sirkuit Mandalika telah resmi ditunjuk sebagai tuan rumah MotoGP musim mendatang.

“Sirkuit ini bisa dipakai MotoGP, mau bikin F1 juga bisa, tapi kami tidak punya keinginan dalam waktu dekat. Biarlah itu Mandalika dulu,” kata Tinton, Rabu (15/12/2021).

Namun, lanjut Tinton, tidak menutup kemungkinan Sirkuit Sentul juga akan menjadi tuan rumah MotoGP ataupun Formula 1. Hal itu jika Indonesia dipercaya menggelar ajang tersebut dalam dua seri.

“Tapi nanti kalau mau dibikin dua seri di Indonesia enggak masalah. Seperti di Spanyol, ada di Jerez, di Catalunya, di Aragon, di Spanyol semuanya. Setahun bisa empat kali,” sebut dia.

Tag : #Sirkuit sentul    #tintin soeprapto    #sentul bogor    #motogp    #formula one    #sirkuit mandalika    #motogp 2022   

Baca Juga