Acara penutupan SEA Games 2021 (dok REUTERS/CHALINEE THIRASUPA)

SEA Games 2021 Berakhir: Kamboja jadi Tuan Rumah Selanjutnya

Rini | Olahraga | 24-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Pelaksanaan pekan olahraga muliti event terbesar di Asia Tenggara, SEA Games 2021 telah selesai digelar.

Acara penutupan (closing ceremony) event ini dilakukan di Vietnam Asian Indoor Game, Hanoi, Vietnam, Senin (23/5) malam WIB.

Berlansung dengan meriah, tarian tradisional Vietnam membuka upacara penutupan SEA Games kali ini, lalu diikuti dengan parade bendera 11 negara peserta.

Dalam penutupan acara yang bertema Coming together to shine ini, Vietnam menurunkan bendera SEA Games yang berkibar di stadion dan memberikannya kepada Kamboja, tuan rumah SEA Games 2023 mendatang.

Kemudian dalan acara penutupan ini juga di umumkan 4 atlet terbaik sepanjang SEA Games 2021, yaitu 2 atlet ruan rumah, Nguyen Thi Oanh yang bertanding di cabor atletik, dan Perenang Vietnam, Nguyen Huy Hoang.

Selanjutnya diikuti sprinter asal Thailand, Joshua Robert Atkinson dan Swimmer Singapura, Jing Wen Quan.

Meskipun tak ada atlet Indonesia yang masuk dalam atlet terbaik SEA Games 2021, namun perjuangan kontingen merah putih di ajang ini amatlah berkesan dan berhasil menjadi negara dengan raihan medali terbanyak ketiga, dengan koleksi 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu.

Indonesia berhasil mencatatkan sejarah dalam ajang ini, setelah merebut kemenangan untuk pertama kalinya dari cabang olahraga basket, usai merobohkan dominasi Filipina.

Selain itu, Indonesia juga berhasil mempertahankan gelar sebagai penguasa voli putra SEA Games.

Untuk mengikuti ajang dua tahunan ini, Indonesia mengirimkan 499 atlet yang berkompetisi di 32 cabang olahraga.

Perjuangan skuat Indonesia di SEA Games dimulai pada Jumat (6/5), sebelum acara pembukaan resmi dilakukan pada Kamis (12/5).

Terimakasih untuk perjuangannya, sampai jumpa di SEA Games 2023 nanti.

Tag : #sea games 2021    #closing ceremony    #olahraga    #penutupan sea games 2021    #kamboja tuan rumah sea games 2023   

Baca Juga