Proses Naturalisasi Selesai, Sandy Walsh dan Jordi Amat Resmi Jadi WNI

Penulis : Michael | Sepakbola | 17-11-2022

Sandy Walsh dan Jordi Amat resmi menjadi Warga Negara Indonesia (Foto: Kompas.com/Farahdilla Puspa)

PARBOABOA – Sandy Walsh dan Jordi Amat telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Status kewarganegaraan ini membuat keduanya akan segera membela Timnas Indonesia.

Sandy Walsh dan Jordi Amat telah menyelesaikan pengambilan sumpah janji setia dan kewarganegaraan menjadi WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), DKI Jakarta, Kamis (17/11/2022). Proses naturalisasi terakhir keduanya dimulai pada pukul 13.00 WIB.

Sandy Walsh dan Jordi Amat lebih dulu menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan surat Keputusan Presiden (Keppres) untuk keduanya oleh Kemenkumham.

"Dengan ini secara resmi mengukuhkan saudara-saudara sebagai WNI sebagaimana tercandum dalam Kepperes," ujar Kepala Kantor Kanwil Kemenkumham DKI, Ibnu Chuldun.

"Semoga saudara-saudara senantiasa mendapatkan bimbingan dan petunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa dalam menjadi WNI," katanya menambahkan.

Naturalisasi Kedua Pemain Ini Merupakan Permintaan Pelatih

Sebelumnya, Jordi Amat adalah bek asal Spanyol. Saat ini, ia membela klub kaya raya asal Malaysia, Johor Darul Ta’zim (JDT).

Sementara Sandy Walsh adalah warga negara Belanda, meski lahir di Belgia. Ia merupakan bek KV Mechelen di Liga Belgia.

Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh berasal dari permintaan pelatih Timnas Indonesia. Shin Tae-yong. Keduanya dapat diandalkan di Piala AFF 2022 dan Piala Asia 2023.

Namun, Jordi Amat dan Sandy Walsh harus menjalani proses pergantian federasi lebih dulu di FIFA sebelum disahkan membela Timnas Indonesia.

Editor : -

Tag : #sandy walsh    #jordi amat    #pssi    #timnas indonesia    #shin tae yong   

Baca Juga