Ilustrasi, foto: MalangTIMES

Saingi Zoom, Video Call di WhatsApp Bakal Bisa Tampung 32 Orang

Wanovy | Teknologi | 27-09-2022

PARBOABOA - WhatsApp berencana untuk mengeluarkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya melakukan video call dalam jumlah banyak secara bersamaan. Fitur itu dinilai sebagai langkah WhatsApp dalam menyaingi kompetitornya.

Dilansir dari The Verge, lewat fitur ini, pengguna WhatsApp akan dapat membagikan sebuah tautan (link) kepada 32 pengguna sekaligus. Mereka yang memiliki link tersebut bisa bergabung dalam sebuah video call.

Fitur baru ini sebenarnya telah diumumkan CEO Meta, Mark Zuckerber melalui profile Facebooknya.

"Kami mengeluarkan link panggilan di Whatsapp, dimulai dari pekan ini sehingga Anda bisa membagikan link untuk memulai panggilan dengan satu ketukan. Kami juga mengetes panggilan video terenkripsi hingga 32 orang. Akan ada lebih banyak lagi," tulis Zuckerberg April lalu.

Fitur Call Links bisa ditemukan pengguna di bawah tab panggilan. Dari sini, pengguna akan menemukan menu untuk membuat tautan panggilan.

Saat menu tersebut diklik, link akan dibuat secara otomatis. Kemudian, pengguna bisa membagikannya ke pengguna lain untuk mengajaknya bergabung ke panggilan audio atau video call.

Praktik berbagi tautan panggilan sendiri terdengar sama seperti platform video konferensi Zoom, Google Meet dan lainnya yang sudah diadopsi sejak lama.

Perbedaannya adalah, Zoom dan Google Meet mendukung fitur panggilan video terjadwal. Jadi, pengguna baru dapat bergabung ke video bila rapat atau panggilan sudah dimulai atau dibuka.

Sayangnya dukungan ini belum tersedia di WhatsApp. Sesuai dengan pernyataan Zuck, fitur tautan panggilan WhatsApp dirilis pekan ini ke semua pengguna.

Namun fitur ini belum tersedia di Indonesia. Pembaruan aplikasi WhatsApp juga belum terlihat di Google Play Store.

Dengan fitur anyar tersebut, pengguna bisa memanfaatkan WhatsApp lebih dari sekadar panggilan video untuk mengobrol, melainkan juga untuk belajar atau bahkan bekerja seperti layanan yang ditawarkan Zoom dan lainnya.

Sayangnya belum diketahui kapan dukungan panggilan video WhatsApp hingga 32 orang akan diluncurkan. Zuckerberg sendiri dalam postingannya berkata akan membagikan informasi lainnya dalam waktu dekat.

Tag : #whatsapp    #video call    #teknologi    #apps    #fitur baru wa   

Baca Juga