Teknik dan Posisi Badan Saat Lari Jarak Pendek (Foto: Sportstar)

Teknik dan Posisi Badan Saat Lari Jarak Pendek

Faulan | Olahraga | 03-09-2022

PARBOABOA - Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin berlari jarak pendek. Termasuk dengan memperhatikan posisi dan postur badan. Salah satunya adalah saat melakukan lari jarak pendek badan condong kedepan dengan sudut berapa derajat untuk mendapatkan kecepatan yang optimal.

Selain itu, teknik mencondongkan badan ke depan juga merupakan salah satu teknik dasar yang harus diperhatikan pelari sebelum melakukan lari jarak pendek. Lari jarak pendek disebut juga dengan lari jarak pendek, adalah salah satu cabang dalam olahraga balap lari. Lari jarak pendek juga merupakan bagian dari cabang atletik dan sering diperlombakan di kejuaraan dunia olahraga.

Lari jarak pendek menggunakan start jongkok, sementara lagi jarak menengah menggunakan start melayang dan lari jarak jauh menggunakan start berdiri. Para pelari yang berkompetisi disebut sebagai sprinter.

Perlombaan lari ini menuntut para sprinter tidak hanya berlari secepat mungkin, tetapi juga memiliki tingkat kekuatan dan daya tahan yang tinggi agar mencapai hasil yang lebih maksimal. Seperti kondisi kaki yang prima sebagai pendorong untuk mempercepat pada saat lari, juga memiliki stamina yang tinggi dan tarikan nafas yang panjang.

Ada beberapa jarak yang bisa dijadikan acuan untuk lari jarak pendek. Lari cepat atau lari jarak pendek biasanya menempuh jarak yang dibagi menjadi tiga kategori, yaitu 100m (short sprint), 200m (medium sprint), dan 400m (long sprint).

Selain itu, lari jarak pendek sering kali menyertakan rintangan dengan panjang yang sama. Lari jarak pendek juga dapat ditemukan pada lari estafet 4x400 meter dan 4x100 meter. Berikut teknik dalam lari jarak pendek yang dapat diperhatikan.

Posisi Badan

Saat ingin melakukan lari jarak pendek, usahakan posisi tubuh sedikit dicondongkan ke arah depan. Ini akan memudahkan start di awal dan juga akan membantu tubuh anda untuk mencapai kecepatan optimal. Ketika melakukan lari jarak pendek badan condong kedepan dengan sudut sekitar 15-20 derajat.

Dengan mencondongkan tubuh agak ke depan merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam lari jarak pendek. Berikut adalah beberapa langkah pertama yang harus anda kuasai dalam lari jarak pendek.

1. Berlari dengan bertumpu pada ujung kaki

2. Angkat lutut dan paha hingga cukup tinggi

3. Condongkan badan ke depan sehingga membentuk sudut 15 sampai 20 derajat.

4. Lipat siku dan ayunkan lengan dengan cepat pada saat sedang berlari

5. Lebarkan langkah anda ketika anda sudah berada sekitar 20 meter dari garis start. Posisikan tubuh dengan tetap condong ke depan dan ayunkan lengan dengan cepat.

6. Atur energi yang keluar pada saat start dan ketika sedang berlari di lintasan. Atur energi anda dengan tidak menggunakan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit energi. Hal ini akan sangat mempengaruhi stamina yang tersisa selama berlari.

Lari jarak pendek tampaknya dapat dilakukan oleh siapa saja, tetapi ini juga merupakan olahraga yang membutuhkan keterampilan dan latihan yang konsisten.

Tujuannya tentu saja untuk menghindari cedera dan mendapatkan hasil maksimal kinerja tubuh anda. Itulah informasi tentang posisi badan yang diperlukan pada saat lari jarak pendek.

Tag : #olahraga    #lari    #lari jarak pendek    #teknik lari    #sprinter   

Baca Juga