Desain rumah klasik Eropa 1 lantai, foto: Emporio Architect

7 Inspirasi Rumah Klasik Eropa 1 Lantai, Modern dan Menawan

Wanovy | Rumah | 21-04-2022

PARBOABOA - Desain rumah klasik Eropa 1 lantai dikenal sebagai konsep yang khas dan unik dalam dunia arsitektur.

Banyak ornamen atau hiasan-hiasan yang mencolok dan berbeda dari konsep yang lain. Kombinasi berbagai komponen tersebut membuat hunian kamu tampak lebih cantik dan megah.

Sebab itu desain rumah klasik Eropa 1 lantai banyak digemari bahkan di luar negaranya sendiri, termasuk Indonesia.

Bagaimana bentuk gambar rumah klasik Eropa 1 lantai sebenarnya? Yuk, lihat inspirasinya dibawah ini!

1. Rumah Klasik Eropa 1 Lantai Bergaya Skandinavia

(Sumber: rumah123.com)

Desain rumah klasik Eropa 1 lantai bergaya Skandinavia ini relatif sudah dikenal lantaran ada gerai IKEA, warna dan ciri-ciri dari interior bisa terlihat jelas.

Pilihan desain rumah minimalis ini bisa terlihat dari furnitur yang simpel dan fungsionel dengan warna netral dan lembut.

2. Rumah Klasik Eropa 1 Lantai Sederhana

(Sumber: ruangarsitek.id)

Tren model rumah mewah klasik eropa 1 lantai adalah konsep yang terkenal hingga sekarang.

Perlu diketahui, ada beberapa karakteristik yang menjadi khas dari model ini yaitu bangunan rumah yang simetris, penggunaan bahan material marmer, dan model jendela yang besar.

Seperti yang kamu lihat pada model rumah klasik Eropa 1 lantai di atas, perpaduan antara ukiran pada hiasan dinding dan pilar yang tinggi bisa menghasilkan tampilan eksterior hunian yang megah ala kerajaan Romawi zaman dahulu.

3. Rumah Klasik Eropa Minimalis

(Sumber: desain.id)

Konsep aliran klasik bisa kamu kombinasikan dengan unsur minimalis. Dengan perpaduan kedua konsep ini, kamu bisa meraih tampilan hunian sederhana sekaligus mewah. Seperti contoh gambar rumah klasik Eropa 1 lantai minimalis yang satu ini.

Selain megah, rumah klasik Eropa 1 lantai minimalis kamu juga tampil unik. Sebab kedua aliran tersebut berasal dari kurun waktu yang berbeda.

Klasik dikenal sejak berabad lalu, sedangkan minimalis masih tergolong baru. Meskipun begitu, keduanya bisa terlihat saling melengkapi.

4. Klasik Megah bak Istana Kerajaan

(Sumber: ruangarsitek.id)

Rumah klasik Eropa 1 lantai ini terlihat sangat megah seperti istana kerajaan. Terdapat dua aspek utama pada rumah ini, yaitu tinggi bangunan dan ornamen bangunan berupa ukiran yang semakin memperlihatkan kemegahan rumah ini.

Selain itu terdapat pula pilar penyangga bangunan yang besar dengan ukiran yang senada dengan keseluruhan ukiran yang ada di bagian depan rumah.

5. Rumah Klasik Modern 1 Lantai

(Sumber: kompas.com)

Meskipun saat ini apartemen menjadi model hunian populer di tengah perkotaan, namun banyak keluarga yang tetap menginginkan tinggal di rumah tapak dengan berbagai alasan termasuk diantaranya agar anak-anak mereka bisa bermain di halaman rumah mereka sendiri.

Karena itu banyak orang yang lebih memilih kompleks perumahan meskipun letaknya tidak selalu berada di tengah perkotaan.

Namun tidak ada masalah apabila akses dan infrastruktur juga sudah lengkap dan mudah.

Banyak jenis rumah tapak yang ditawarkan, dan banyak juga keluarga yang memilih kesan rumah yang klasik namun tetap modern, agar tetap memiliki kesan homy dan kehangatan dengan tetap memiliki kesan klasik.

6. Klasik dengan Material Kayu dan Bebatuan Alam

Kayu merupakan salah satu material pembuat rumah bergaya klasik yang cukup banyak peminatnya.

Banyaknya orang yang menggunakan kayu sebagai material pembuat rumah disebabkan karena kayu akan membuat ruangan di dalam rumah menjadi lebih sejuk.

Penambahan material pendukung contohnya seperti bebatuan alam pada bagian tembok depan membuat tampilan rumah lebih menarik.

7. Klasik Simple dengan Enam Pilar

Meskipun bergaya klasik namun strukturnya terbilang sederhana dan ukurannya pun cukup mungil.

Sentuhan klasik sangat terlihat pada keberadaan enam pilar penyangga rumah serta letak pintu utama yang tepat berada di bagian tengah rumah sehingga menjadi pusat simetris dari bangunan tersebut.

Pemilihan warna putih untuk keseluruhan bagian dari rumah ini membuat kesan klasik semakin terasa.

Nah, itulah beberapa inspirasi rumah klasik eropa 1 lantai yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat!

Tag : #rumah klasik    #rumah eropa    #model rumah    #inspirasi rumah    #rumah 1lantai    #desain rumah   

Baca Juga