Rumah industrial low budget, foto: Properti Pekanbaru

10 Inspirasi Desain Rumah Industrial Low Budget Tapi Mewah

Wanovy | Rumah | 07-10-2022

PARBOABOA - Desain rumah industrial low budget saat ini banyak dicari karena mampu menyulap hunian sederhana jadi terlihat unik meski dengan dana yang terbatas. Tertarik menerapkannya? Cek inspirasinya dulu, yuk!

Industrial merupakan salah satu gaya desain yang cukup banyak diminati saat ini. Desain ini hadir dengan elemen-elemen struktural yang khas lewat penggunaan besi sebagai material bangunan.

Selain banyak diterapkan pada bangunan komersial seperti kafe dan perkantoran, kini desain industrial juga banyak digunakan untuk rumah tinggal.

Desain industrial kerap menggunakan unfinished style dianggap tidak membutuhkan biaya besar.

Meski memiliki kesan setengah jadi, material yang digunakan hampir sama dengan rumah pada umumnya.

Oleh sebab itu, anggapan kalau membangun hunian industrial itu lebih murah tampaknya tidak sepenuhnya benar.

Namun, kamu juga bisa menerapkan beberapa trik agar anggaran yang dikeluarkan lebih hemat alias low budget.

Mau tahu bagaimana caranya? Langsung saja simak inspirasi desain rumah industrial low budget berikut ini!

1. Rumah Industrial Low Budget Modern

Untuk menciptakan rumah industrial low budget yang modern kamu bisa menerapkan desain breeze blocks house.

Hunian satu ini hadir dengan bentuk rumah atap dengan sudut curam yang membuat bingkai A. Selain itu terdapat kulit sekunder yang berasal dari blok cinder rancangan khusus sebagai fasad dengan bingkai Corten menonjol. Namun bagian itu berada di sekitar rangkaian rumah saja bukan seluruh bagian.

Blok angin bisa bertindak sebagai pendingin ruangan yang bersifat pasif. Selain itu fungsinya juga bisa mengurangi koneksi visual dari arah luar ke dalam dan tetap menjaga privasi penghuni dalam rumah.

Unsur alam dapat mengambil bagian penting dari pasar sebab terdapat sepasang pohon dalam ruang diantaranya.

2. Desain Rumah Industrial Low Budget Menggunakan Bata Ekspos

Gaya industrial yang orisinil umumnya diciptakan melalui beberapa material seperti palet baja beton, plat stainless steel, baja dan cermin, termasuk penggunaan batu bata ekspos.

Oleh karenanya, ketika melihat ada rumah dengan tampilan bata ekspos yang khas dengan ornamen logam atau baja, maka kesan industrial pun otomatis tercipta.

Desain rumah industrial belakangan ini jadi opsi banyak orang untuk membangun rumah yang terkendala biaya.

Dan desain ini juga masih bisa ditekan lagi biayanya dengan pemilihan material apa bila dananya benar-benar low budget.

3. Desain Rumah Industrial dengan Material Batako

Dibandingkan gaya arsitektur lainya, rumah industrial mudah dikenali dari materialnya, seperti dinding yang dibiarkan terekspos.

Seperti contoh di atas, rumah industrial low budget tersebut menampilkan kesan simpel lewat beton batako yang dibiarkan begitu saja tanpa diberi cat maupun plester.

Dan jika diperhatikan dengan seksama, tampilan yang kuat tapi tetap artsy begitu pas dengan furnitur yang ringkas.

4. Material Batu Bata Ekspos untuk Rumah Industrial 1 Lantai

Masih seputar dinding rumah, selain beton batako, alternatif material dinding lain yang bisa mengubah 180o tampilan rumah adalah batu bata ekspos.

Titik fokus dalam merancang jenis dinding ini adalah cara pemasangan bata yang disusun secara rapi tanpa plester. Dan yang terpenting, tetap mempertahankan warna aslinya.

Apa bisa menggunakan batu bata jenis biasa?

Tidak! Karena ada beberapa jenis bata yang tidak memiliki ketahanan tinggi dan cepat lapuk jika terlalu lama terekspos atau tanpa lapisan plester.

Beberapa jenis bata ekspos yang disarankan oleh pakar bangunan dan arsitek yakni bata terakota, bata tanah liat belang, batu bata pasir kapur dan bata ekspos KWD.

5. Rumah industrial futuristik

Rumah industrial low budget bernama SN house ini merupakan sebuah showroom butik sekaligus tempat tinggal.

Bentuk rumahnya memang tidak terlalu luas, hanya saja dibuat memanjang kebelakang dengan showroom yang dibuat dilantai dasar.

Konsep industrial jelas terlihat dari desain eksterior yang menggunakan material unfinished. Beberapa ornamen kayu pada fasad dan tralis jendela dari logam semakin menambah kesan industrial pada rumah.

6. Desain Industrial Minimalis

Kalau kamu suka dengan konsep rumah industrial minimalis, maka SN-House yang dibuat oleh Karya Rona ini cocok untuk menjadi pilihannya. Hunian masyarakat urban ini memiliki paduan showroom butik di bagian lantai dasarnya.

Adapun rumah sengaja dibentuk dengan ukuran yang kurang begitu luas dan konsepnya lebih panjang ke arah belakang. Sementara untuk bagian sampingnya dibuat lebih terbuka agar seperti taman yang lapang.

7. Desain Industrial Tropis

Suka dengan konsep rumah yang alami namun tetap bergaya industrial? Kamu bisa kok mengusung konsep tersebut ke dalam desain rumah satu ini. 

Desain rumah bergaya industrial dengan menambahkan tanaman-tanaman di sekirar rumah mulai banyak digemari oleh sebagian orang.

Rumah bergaya industrial tropis pertama kali digagas oleh Bitte Design Studio untuk hunian di kawasan Cimanggis. Kamu bisa kok mengadopsi desain ini untuk rumah masa depan kamu kelak.

8. Memanfaatkan Dinding Semen

Tak hanya pada lantai, konsep semen yang dipoles juga bisa diterapkan pada dinding rumah. Sehingga dalam hal ini kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli cat dinding.

Namun perlu diperhatikan dalam hal ini adalah debu yang mudah menempel, alih-alih ini menjadi tugas kamu untuk rutin membersihkan area dinding rumah.

9. Compact di Lahan Sempit

Serupa dengan gaya minimalis atau modern, rumah industrial low budget juga cocok bila diterapkan pada rumah yang berdiri di atas lahan terbatas.

Contek saja desain rumah industrial low budget di atas yang hanya mengandalkan lahan seluas 65 meter persegi.

Mengusung spesifikasi bangunan dua lantai, konsep yang compact ini ideal bagi keluarga dengan tiga anak.

10. Rumah Industrial Simpel

Dengan luas bangunan sekitar 150 meter persegi, kamu dapat menerapkan desain rumah industrial low budget berupa rumah lestari.

Rumah industrial tersebut menyediakan ruang untuk kumpul keluarga dengan jumlah empat orang untuk area selebar itu. Lantai pertama dalam rumah didesain menggunakan konsep bernama open plan.

Dengan dinding rumah industrial yang transparan, bagian dalam ruangan terasa lebih lega serta terhubung bersama area luar.

Dengan ruangan luar sebesar itu, para penghuni bisa merasa terhubung dengan alam sekitar. Jika memakai konsep redu house bersama tempa industrial, biaya konstruksi bisa berkurang sampai 40 persen daripada sistem konvensional umumnya.

Desain rumah industrial murah tersebut dapat menjadi pilihan perumahan terjangkau untuk kelas menengah yang ada di tanah air.

Nah, itulah tadi beberapa desain rumah industrial low budget yang bisa menjadi inspirasi. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com!

Tag : #rumah industrial    #rumah minimalis    #model rumah    #rumah    #desain rumah    #inspirasi rumah   

Baca Juga