Upacara Pembukaan Paralimpiade 2020 digelar di Stadion Nasional, Tokyo.

Resmi Dibuka, Upacara Pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020 Berlangsung Meriah

sondang | Olahraga | 24-08-2021

PARBOABOA, Tokyo - Hari ini, Selasa (24/8) Paralimpiade Tokyo 2020 resmi dibuka dengan upacara pembukaan tetap berlangsung meriah di tengah pembatasan karena lonjakan pandemi virus corona di Jepang. Pembukaan Paralimpiade 2020 digelar di Stadion Nasional, Tokyo, mulai pukul 18.00 WIB.

Para kontingen dari Indonesia mengenakan baju tradisional saat defile dalam upacara pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020 di Olympic Stadium. Kostum tersebut dimodifikasi dari sejumlah baju tradisional dari budaya Sumatera, Bali, Kalimantan dan Papua. Seragam defile tersebut mewakili keindahan dan keragaman budaya Indonesia.

Pakaian adat yang dikenakan keempat orang di barisan terdepan memiliki warna khas merah-putih yang tampil dengan kesan indah dan menawan serta memiliki ciri khas tersendiri sesuai dengan daerah masing-masing. Namun tetap memiliki konsep yang sama sebagai simbol persatuan yang membawa nasionalisme.

Sementara itu di belakang rombongan pembawa bendera Merah-Putih terdapat kontingen yang masuk dalam barisan defile termasuk Deputi Chef de Mission Naek Parulian Washington.

Hanik Puji Astuti dan Jaenal Aripin menjadi atlet Indonesia pembawa bendera Merah Putih di upacara pembukaan ini. Hanik merupakan atlet menembak, sementara Jaenal dari cabang balap kursi roda. Mereka didampingi pendamping yang mendorong kursi roda kedua pembawa bendera yakni Ajeng Widha Paramitha dan Purwo Adi Sanyoto.

Para atlet juga masuk dalam barisan defile adalah atlet para atletik Saptoyogo Purnomo, Setiyo Budi Hartanto, Karisma Evi Tiarani, Famini, Putri Aulia, Elvin Elhudia Sesa, Bolo Triyanto (menembak), Muhamad Nurachman (pelatih bulutangkis), Slamet Djauhari (ofisial renang), dan Irfan Dwi Nurfianto (ofisial bulu tangkis).

Persis seperti Olimpiade, Paralimpiade juga mengalami penundaan selama setahun karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Kini, para atlet siap bersaing untuk menjadi yang terbaik di ajang empat tahunan ini. Indonesia sendiri mengirimkan 23 atlet paralimpik terbaik yang tersebar di tujuh cabang olahraga. Pertandingan akan dimulai pada 24 Agustus hingga 5 September 2021.

Tag : internasional,nasional,olahraga

Berita Terkait