Semur tahu (Dok: Sajian Sedap)

Resep Semur Tahu yang Mudah dan Lezat Banget

Sondang | Selera Nusantara | 08-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Tahu merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak sekali protein. Maka dari itu, tak heran bila tahu memiliki banyak cara pengolahan, salah satunya semur tahu.

Rasanya manis gurih dengan sedikit kuah cenderung pekat ini sehingga sangat cocok disajikan dengan nasi hangat. Apalagi cara membuatnya pun sangat mudah. Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas!

Resep Semur Tahu

Berikut resep semur tahu yang bisa kamu praktekkan di rumah.

Bumbu Semur Tahu

400 ml air

4 buah tahu putih ukuran sedang

4 sendok makan kecap manis

2 lembar daun salam

1 batang serai, memarkan

1 sendok makan gula merah

3/4 sendok teh garam

minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

6 butir bawang merah

3 siung bawang putih

3 butir kemiri sangrai

1 sendok teh merica kasar

1/4 buah pala

Cara Membuat Semur Tahu

1. Pertama, potong tahu jadi segitiga, lalu goreng hingga kulitnya kering. Hal ini dilakukan agar tahu tidak mudah hancur saat dimasak.

2. Kemudian panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus, daun salam, dan serai. Tumis hingga harum. Masukkan tahu yang telah digoreng sebelumnya, aduk hingga merata.

3. Tambahkan kecap manis, gula merah, dan garam lalu aduk merata. Berikutnya, tuangkan air lalu masak hingga mendidih dan bumbunya meresap.

4. Kalau rasanya sudah pas, itu tandanya semur tahu siap disajikan. Taburi bawang goreng biar rasanya lebih mantap. Kamu juga bisa menambahkan lauk lainnya jika suka, seperti ayam dan telur rebus. Semur tahu siap dinikmati.

Tag : #semur tahu    #tahu    #selera nusantara    #resep    #masakan   

Baca Juga