Resep churros simpel. (Dok: Fimela.com)

Resep Churros Simpel, Jajanan Viral dari Spanyol

Sondang | Selera Nusantara | 12-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Siapa nih yang pengen makan churros tapi gatau cara membuat churros? Yap, makanan ini memang tengah viral di kalangan anak muda.

Kenapa begitu? Hal tersebut enggak lain karena proses pembuatannya yang mudah, sehingga memungkinkan orang-orang untuk berkreasi membuatnya dari rumah.

Churros adalah salah satu cemilan khas yang berasal dari Spanyol yang memiliki rasa mirip donat. Hanya saja, bentuk Churros lebih unik. Tidak bulat dan berlubang pada tengahnya, melainkan panjang seperti tongkat.

Tak hanya cocok dinikmati sebagai camilan jalanan, di negara asalnya churros sering dinikmati sebagai sajian sarapan.

Biasanya, churros dinikmati bersama cokelat panas kental atau disajikan dengan kopi khas Spanyol yang dicampur dengan susu panas, yaitu cafe con leche.

Sebelum masuk ke langkah-langkah cara membuat churros, kita harus tahu apa bahan dasarnya, yaitu Choux.

Choux adalah adonan pastry ringan yang biasanya digunakan untuk membuat kue sus, eclairs, beignets, profiterolle dan cullers. Adonan choux terbuat dari mentega, air, tepung terigu dan telur.

Namun saat ini, telah banyak dikembangkan adonan churros tanpa telur. Biasanya, churros tanpa telur ini dibuat di rumah sebagai camilan sederhana.

Tanpa berlama lama mari kita beralih tahap inti, yakni cara membuat churros. Yuk simak penjelasannya hingga tuntas!

Resep Churros Sederhana

Bahan yang dibutuhkan:

- 250ml air

- 50g margarin

- 1 sdm gula pasir

- 2/4 sdm garam

- 150g tepung terigu, ayak

- ¼ sdt vanilla

- 1 butir telur

- Minyak goreng secukupnya

Topping:

- 4sdm gula halus

- ½ sdt kayu manis bubuk

- Selai cokelat

Cara membuat churros:

1. Pertama, masukkan air, margarin, gula dan garam ke dalam panci lalu aduk hingga rata. Kemudian hidupkan api sedang dan masak hingga mendidih. Jika sudah, matikan api.

2. Tambahkan terigu dan vanila ke dalam adonan lalu hidupkan api kecil dan aduk cepat. Jika adonan sudah kalis, angkat dan biarkan hangat.

3. Selanjutnya masukkan telur dan aduk rata. Jika adonan masih susah dispuit, tambahkan telurnya. Jika sudah, masukkan adonan ke dalam kantong segitiga.

4. Panaskan minyak goreng di kuali dengan api sedang, kemudian spuitkan adonan ke dalam minyak kurang lebih sepanjang 10 cm atau sesuai selera.

5. Goreng sampai churros berubah warna menjadi kuning kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan. Lakukan berulang ulang hingga adonan habis.

6. Tata churros di atas piring kemudian taburkan gula halus dan bubuk kayu manis di atasnya. Jangan lupa sisakan tempat untuk selai cokelat. Churros siap dinikmati.

Nah, mudah banget kan cara membuat churros. Selamat mencoba!

Tag : #churros    #jajanan viral    #selera nusantara    #masakan    #resep   

Baca Juga