Rekayasa U-Turn Menimbulkan Kemacetan Parah di Jalan Alternatif Cibubur

Maharani | Metropolitan | 19-09-2022

Rekayasa Uji Coba penutupan U-Turn di Alternatif Cibubur (Foto: Instagram/@bptjkemenhub)

PARBOABOA, Bogor –  Guna mengurangi kemacetan yang sering terjadi di ruas Jalan Transyogi, Kabupaten Bogor, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama dengan sejumlah instansi terkait seperti Polres Kabupaten Bogor, Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kementerian PUPR wilayah DKI Jakarta – Jawa Barat melakukan uji coba Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) mulai hari ini, Senin (19/09/2022).

Direktur Lalu Lintas BPTJ, Sigit Irfansyah mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan analisa terhadap tiga skenario untuk MRLL tersebut. Berdasarkan hasil simulasi tiga skenario, dinilai skenario optimal adalah melakukan penutupan U-Turn 2 (Al-Azhar) dengan memaksimalkan penggunaan U-Turn 1 (Cikeas) dan U-Turn 3 (SPBU).

“Penutupan U-Turn ini sifatnya sementara dan akan dianalisis serta dievaluasi bersama-sama untuk kemudian diambil kesimpulan sejauh mana penutupan U-Turn 2 efektif diterapkan sebagai mode MRLL di kawasan ini,” ujar Sigit dalam keterangannya, Sabtu (17/09/2022).

BPTJ dan Kemenhub akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas penutupan U-Turn (putaran balik) yang ada di depan Al-Azhar Syifa Budi, Cibubur. Pemberlakuan Uji coba U-Turn tersebut dilakukan untuk mengurangi kemacetan yang selalu terjadi di ruas jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, dan Jakarta Timur, khususnya di segmen U-Turn dekat Kota Wisata Cibubur.

Sigit Irfansyah juga mengatakan, kegiatan uji coba tersebut akan dilakukan selama satu minggu kedepan.

“Kegiatan uji coba direncankan dilakukan pada Senin (19/09/2022) sampai dengan Jumat (23/09/2022),” kata Sigit Irfansyah.

Sebelum mulai diberlakukan, Sigit menjelaskan bahwa sosialisasi terkait rencana uji coba telah dilakukan melalui media sosial, spanduk, dan penyampaian langsung. Sosialisasi melibatkan perangkat Desa Nagrak, Perkumpulan Cluster Kota Wisata Cibubur (PCKC), serta Pengurus Gugus Tugas Khusus Perumahan Legenda Wisata Cibubur.

Kemacetan Parah di Lokasi Uji Coba

Namun, baru hari pertama rekayasa lalu lintas ini diberlakukan, kemacetan justru semakin parah terjadi di Jalur Transyogi, hingga menyebabkan banyak mobil yang terjebak hingga bejam-jam di lokasi.

Hal ini kemudian membuat banyak pengendara yang mencari jalan alternatif melalui Kavling Polri untuk menghindari kemacetan, terutama yang menuju arah Cileungsi. Namun, kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Alternatif Cibubur, Desa Nabrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor pagi hari tadi.

Kecelakaan ini semakin memperparah kemacetan di jalan menuju Cibubur itu.

Tag : #rekayasa u-turn    #alternatif cibubur    #nasional    #kemacetan parah    #kecelakaan beruntun    #jalan transyogi    #kabupaten bogor   

Baca Juga