Demo Puncak HTN di Gedung DPR ( Foto : FIRMANSYAH)

Puncak Peringati Hari Tani Nasional Ke-62, KNPA Unjuk Rasa di Gedung DPR Hari Ini

Apri Siagian | Metropolitan | 27-09-2022

Parboaboa, Jakarta – Ribuan mahasiswa, buruh, nelayan, petani yang tergabung dalam Komite Nasional Pembaruan Agraria (KNAP) akan menggelar demo puncak Hari Tani Nasional (HTN) di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (27/09/2022).

Sekretaris Jenderal Konsorium Pembaruan Agraria Dewi Kartika menegaskan tema peringatan HTN ke-62 yaitu, “Tegakkan Konstitusionalisme Agraria Untuk Kedaulatan dan Keselamatan Rakyat". "Kami sekitar 130 organisasi dari KNPA akan melaksanakan puncak aksi Hari Tani Nasional.

Dewi mengklaim, sebanyak 5.000 orang diperkirakan akan hadir dalam domostrasi tersebut.

“Massa aksi Gani terdiri dari Serikat Petani Pasundang (SPP), Pergerakan Petani Banten (P2B), Forum Perjuangan Petani Batang (FPPB), Formaster dari provinsi Lampung, serta lainnya,” kata Dewi.

Selain itu, Dewi menuturkan, sebagaimana mandat melalui TAP MPR No. IX/2001 tentang Pembaruan Agraria dan Sumberdaya Alam, MPR RI menugaskan DPR RI dan Presiden RI menetapkan arah dan kebijakan agraria sesuai dengan amanat konstitusi dan Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) Tahun 1960.

Melalui aksi demonstrasi tersebut, KNPA akan menuntut dan menyampaikan aspirasi kepada MPR RI untuk melakukan evaluasi menyeluruh dan meminta pertanggung jawaban Presiden RI atas penyimpangan terhadap Konstitusionalisme Agraria yang menjadi mandat UUD 1945 dan UUPA 1960.

Kemudian, massa KNPA juga akan menyuarakan penolakan terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak.

Sementara itu, total 4.400 personel gabungan dikerahkan guna mengawal demo tersebut. Mereka adalah personel gabungan TNI-Polri. Hal tersebut diungkap Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Komarudin, Selasa (27/09/2022).

Komarudin mengklaim, polisi juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas selama massa demo berlangsung.

Tag : #demontrasi    #htn    #metropolitan    #polisi    #tni    #dpr    #   

Baca Juga