PLTPB di Madina Kembali tuai korban (Foto: Tribunnews)

Proyek PLTPB di Madina Kembali Tuai Korban, Puluhan Warga Sibanggor Dilarikan ke Rumah Sakit

Dimas | Daerah | 28-09-2022

PARBOABOA, Mandailing Natal – Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) yang di kerjakan oleh PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) kembali menuai korban jiwa.

Kali ini, puluhan warga dari dua desa di Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Mandailing Natal (Madina) harus dilarikan ke rumah sakit lantaran diduga menghirup gas Hydrogen Sulfida (H2S) dari Wellpad Tenggo 12 pada Selasa (27/9) petang.

Melansir dari Antara, sebanyak 42 warga dilaporkan telah mendapatkan perawatan di dua rumah sakit yang ada di Panyabungan. Dimana, 25 orang di rawat di RSUD panyabungan dan 17 orang lagi dirawat di rumah sakit Permata Madina.

"Yang dirawat itu warga Desa Sibanggor Julu dan Desa Sibanggor Tonga. Penyebabnya barang kali perkiraan kebocoran H2S. Kita belum tau kepastian. Namun, diseputar wallpad ada uji alir" ujar Bupati Madina, Ja’far Sukhairi, ketika meninjau korban di RSUD Panyabungan bersama wakilnya, Atika Azmi dan Ketua DPRD, Erwin Efendi Lubis.

Sukhairi mengatakan, kejadian serupa memang sudah sering terjadi. Pemerintah daerah (Pemda) juga sudah beberapa kali melakukan rapat dengan seluruh pihak guna mencari solusi.

Ia pun menyebutkan bahwa pemda sejak awal telah mengingatkan pemerintah pusat agar proyek tersebut segera dihentikan atau ditinjau ulang. "Pemerintah Daerah sejak awal kejadian sudah menyampaikan ke pemerintah pusat jika memang kondisi kegiatan PT SMGP berlarut-larut, warga mengalami trauma kemudian keselamatan jiwanya terancam dan kenyamanan warga tidak terjadi disana tentu sejak dari awal Pemda merekomendasikan agar kegiatannya ditinjau ulang," ungkap Bupati.

Sukhairi juga menjelaskan bahwa kondisi di lokasi kejadian sudah dalam kondisi aman dan masyarakat di dua desa tersebut juga telah di evakuasi ke tempat yang aman. "Pasien yang dirawat tidak ada yang mengkawatirkan. Mungkin karena efek dari gas warga muntah-muntah dan saat ini dalam penanganan medis" sebut Bupati.

Sebelumnya, PLTPB yang dikerjakan oleh PT SMGP pernah mengalami kebocoran gas dan menuai korban pada Jumat (16/9) lalu. Akibatnya, delapan orang dilaporkan keracunan usai menghirup gas dari kebocoran proyek tersebut.

"Diduga adanya tercium aroma busuk seperti telor busuk di lokasi Wellpad Tenggo PT SMGP di Desa Sibanggor Julu, Madina yang disinyalir mengakibatkan warga setempat muntah-muntah dan pingsan," kata Kapolres Madina, AKBP Reza Akbar, Sabtu (17/9).

Tag : #mandailing natal    #pltpb    #daerah    #pt smgp    #kebocoran gas    #keracunan    #bupati madina    #berita sumut   

Baca Juga