Kemendikbudristek Kembali Gelar Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan ke 3

Desy | Pendidikan | 08-12-2022

Acara sosialisasi PMM 3 ke perguruan tinggi penerima, Rabu (07/12/2022) lalu. (Foto: dok. Kemendikbud.go.id)

PARBOABOA, Jakarta – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi menyelenggarakan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan ke-3 (PPM 3) di 2023.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam dalam kegiatan sosialisasi PMM 3 ke perguruan tinggi penerima, Rabu (07/12/2022) lalu.

“Persahabatan, persaudaraan dengan teman-teman dari lintas provinsi, lintas suku, lintas agama, lintas budaya, ini tentu sangat berguna bagi merajut kebhinekaan tunggal ikaan kita, memperkokoh semangat kita untuk kesadaran, dan semangat kita untuk membangun bangsa secara satu dan bersama-sama bergotong-royong,” ujarnya.

Menurutnya, meski dampaknya positif, namun masih ada beberapa catatan untuk mahasiswa peserta program tersebut, di antaranya yaitu kampus penerima belum tentu terlalu terbuka atas kehadiran dari para mahasiswa dari kampus lain, selain itu kurangnya variasi dari mata kuliah yang terdapat di kampus tujuan.

“Saya yakin semuanya akan bermanfaat. Kalau menu pilihan mata kuliah yang bisa diambil oleh mahasiswa itu semakin banyak, maka tentu kecocokan antara apa yang diharapkan oleh mahasiswa peserta PMM dan karier masa depannya akan lebih baik lagi,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Beny Bandanadjaya, mendorong perguruan tinggi vokasi agar turut terlibat aktif dalam PMM 3 ini.

“Mendorong dalam peningkatan pencapaian IKU perguruan tinggi vokasi, membentuk kerja sama antar perguruan tinggi vokasi se-Indonesia, mendapatkan pengalaman positif dan gagasan internalisasi atau pengembangan tata kelola program, dan dosen-dosen perguruan tinggi vokasi yang terlibat berkesempatan untuk menyebarkan ilmu pengetahuan dan pandangannya secara luas di lingkungan nasional,” terang Beny.

PMM angkatan ke 3 ini berbeda dengan PMM sebelumnya, dimana PMM kali ini terbuka untuk mahasiswa dari perguruan tinggi akademik juga vokasi, Modul Nusantara lebih disederhanakan dan akan dijalankan dengan mendukung internalisasi yaitu perguruan tinggi didorong untuk lebih mandiri dalam menjalankan program PMM, pendanaan program PMM kali ini menggunakan skema Tuition fee untuk kegiatan Modul Nusantara dan mata kuliah.

Ada juga langkah khusus yang akan dilakukan pada PMM angkatan ke 3 ini, yaitu melakukan seleksi terhadap perguruan tinggi penerima serta membimbing pengelola dari PMM angakatan 2. 

Tag : #kemendikbudristek    #pmm angkatan 3    #pendidikan    #perguruan tinggi    #program mahasiswa merdeka   

Baca Juga