Program Berobat Gratis Pakai KTP di Medan Jadi Perhatian Peserta “Study Best Practice”

Wulan | Daerah | 02-12-2022

Kunjungan rombongan Study Best Practice Kota Bukittinggi ke Kota Medan (Foto: sentralberita.com)

PARBOABOA, Medan – Seluruh warga Kota Medan yang terdata sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mulai saat ini bisa berobat ke rumah sakit milik swasta maupun pemerintah dengan hanya menggunakan kartu tanda penduduk atau KTP elektronik.

Program berobat hingga layanan kesehatan gratis bagi warga di rumah sakit maupun puskesmas Kota Medan, Sumatera Utara, ini pun menjadi perhatian bagi para peserta “Study Best Practice”.

“Tadi rekan wartawan rombongan ‘Study Best Practice’ menanyai program itu. Saya terkejut, ternyata mereka mengetahuinya,” tutur Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan Arrahman Pane, Kamis (1/12).

Hingga saat ini sudah ada 48 rumah sakit di Kota Medan yang telah menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan, selain 41 puskesmas dan 31 puskesmas pembantu yang tersebar pada 21 kecamatan.

Adapun pemerintah Kota Medan mewujudkan program cakupan kesehatan semesta (UHC) ini setelah tercapainya syarat kepesertaan BPJS Kesehatan hingga 96 persen dari total jumlah penduduk yang tercatat sebanyak 2.527.059 jiwa.

Sementara itu, Diskominfo Kota Medan yang menyambung rombongan peserta “Study Best Practice” sempat ditanyai salah satu peserta yang merupakan wartawan bertugas di Pemkot Bukittinggi, Sumatera Utara.

“Mulai 1 Desember 2022 bertepatan hari ini seluruh warga yang memiliki KTP Kota Medan dapat berobat ke rumah sakit hanya dengan menggunakan KTP,” kata Arrahman.

Kadis Kominfo Kota Bukittinggi Erwin Umar mengatakan rombongan “Study Best Practice” ini berjumlah 68 orang, dengan 59 orang di antaranya merupakan wartawan yang sehari-hari bertugas di Kota Bukittinggi.

“Kunjungan ini untuk pembelajaran guna mengetahui bagaimana pola kerja sama dilakukan Pemkot Medan dengan rekan-rekan media,” paparnya.

Pihaknya, kata dia,  juga mempelajari inovasi yang dilakukan Pemkot Medan terkait pemberitaan kegiatan pemerintahan agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Tag : #berobat gratis    #medan    #daerah    #bpjs    #program berobat gratis di medan    #ktp elektronik    #arrahman pane    #update berita sumut   

Baca Juga