Profil Peserta Piala Dunia 2022: Timnas Spanyol

Penulis : Michael | Sepakbola | 10-11-2022

Timnas Spanyol (Foto: Reuters)

PARBOABOA – Timnas Spanyol merupakan salah satu kandidat terkuat untuk memenangkan Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar pada 20 November 2022 sampai 18 Desember 2022.

Tim asuhan Luis Enrique itu akan berusaha semaksimal mungkin agar bisa membawa pulang gelar kedua mereka di turnamen empat tahunan tersebut. Sebelumnya, La Furia Roja sudah pernah menjadi juara di edisi Piala Dunia 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan.

Sayangnya setelah menjadi juara, penampilan Spanyol menurun drastis. Di Piala Dunia 2014 Brasil, La Furia Roja gagal lolos dari fase grup dan di edisi 2018 Rusia mereka hanya bisa mencapai babak 16 besar saja.

Untuk itulah, dengan komposisi pemain yang berbeda serta dengan pelatih Luis Enrique, Timnas Spanyol datang dengan tekad baru menghadapi Piala Dunia 2022. Pada Piala Dunia 2022 nanti, Spanyol akan tergabung di Grup Neraka, yakni Grup E.

Disebut grup neraka karena Spanyol akan melawan Jerman, Jepang, dan Kosta Rika. Lantas apakah tim asuhan Luis Enrique mampu melewati babak fase grup dengan mulus? Kita lihat saja nanti.

Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa

Spanyol berhasil mendapatkan tiket ke Qatar dengan tanpa hambatan sama sekali. Pada babak kualifikasi, La Furia Roja tergabung di Grup B bersama Swedia, Yunani, Georgia, dan Kosovoa.

Setelah melalui delapan laga, Spanyol mampu memetik enam kemenangan, satu imbang, dan satu kekalahan. Hasil itu membuat Spanyol bertengger di puncak klasemen Grup B dan memastikan diri langsung lolos ke Piala Dunia 2022.

Pemain Kunci: Pedri

Spanyol sejatinya memiliki banyak pemain andalan. Namun, yang layak menjadi sorotan adalah Pedri. Bisa dikatakan pemain muda berusia 19 tahun itu adalah kunci permainan Luis Enrique di La Roja.

Jadi, Pedri tampaknya masih akan menjadi andalan Spanyol di Piala Dunia 2022. Seperti yang terjadi di Piala Eropa 2020 lalu, pemain Barcelona itu pun tampil luar biasa.

Profil Pelatih: Luis Enrique

Luis Enrique dikenal karena kesuksesnnya meraih berbagai gelar juara bersama Barcelona. Treble winners di musim 2014-2015 menjadi bukti bahwa kehebatannya melatih Barcelona sudah tak perlu diragukan lagi.

Alhasil, pada Juli 2018 Enrique dipercaya menangani Timnas Spanyol. Ia pun sangat diyakini mampu membuat Spanyol juara di Piala Dunia 2022.

Susunan Pemain Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022

  • Kiper: Robert Sanchez (Brighton & Hove Albion), David Raya (Brentford), Unai Simon (Athletic Bilbao)
  • Bek: Pau Torres (Villarreal),Hugo Guillamon (Valencia) ,Jose Gaya (Valencia) ,Diego Llorente (Leeds United), Jordi Alba (Barcelona), Dani Carvajal (Real Madrid), Cesar Azpilicueta (Chelsea), Eric García (Barcelona)
  • Gelandang: Sergio Busquets (Barcelona), Marcos Llorente (Atletico Madrid), Koke (Atletico Madrid), Gavi (Barcelona), Rodri (Manchester City), Carlos Soler (Paris Saint-Germain), Pedri (Barcelona)
  • Penyerang: Nico Williams (Athletic Bilbao), Borja Iglesias  (Real Betis), Alvaro Morata (Atletico Madrid), Marco Asensio (Real Madrid), Ferran Torres (Barcelona), Yeremy Pino (Villarreal), Pablo Sarabia (Paris Saint-Germain)

Editor : -

Tag : #timnas spanyol    #piala dunia 2022    #sepakbola    #fifa    #qatar 2022    #profil peserta piala dunia    #pedri    #luis enrique   

Baca Juga