Karangan bunga berdatangan di rumah duka keluarga Sertu Ari Baskoro

Sedih, Korban Tewas Kontak Tembak dengan KKB Sertu Ari, Rencana Melamar Kekasihnya Desember Mendatang

rini | Daerah | 22-11-2021

PARBOABOA, Papua - Kontak senjata Kelompok Kekerasan Bersenjata (KKB) dengan prajurit TNI kembali terjadi di Kabupaten Yakuhimo, Papua pada Sabtu (20/11) kemarin.

Nahas, seorang anggota TNI bernama Sertu Ari Baskoro meninggal dunia usai tertembak pada bagian leher. Sementara Kapten Inf Arviande mendapat luka di bagian perut masih dalam perawatan medis di RST Marthen Indey Jayapura.

Jenazah Sertu Ari telah dievakuasi menggunakan pesawat milik Semuwa Air ke Kedal, Jawa Tengah. 

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Arm Reza Nur Patria mengatakan peristiwa penembakan terjadi saat anggota TNI terjadi sekitar pukul 06.00 WIT, beberapa anggota Satuan BKO Apter Koramil Persiapan Suru-Suru berangkat dari Koramil untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di kios terdekat dengan menggunakan speedboad.

"Tiba-tiba ditembak oleh KST dari arah seberang sungai yang mengakibatkan satu anggota meninggal dan satu anggota luka-luka," ucap Reza, Minggu (21/11).

Adapun Satuan BKO Apter Koramil berada di Kabupaten Yakuhimo untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat sekitar dan melakukan perbaikan sarana dan prasarana kodim dan koramil yang masih minim di daerah tersebut.

"Penembakan yang dilakukan oleh KST tersebut menunjukkan bahwa kelompok ini tidak menginginkan adanya peningkatan perekonomian bagi masyarakat Papua dengan aksi-aksi penyerangan dan teror yang kerap kali dilakukan bukan hanya kepada aparat TNI Polri namun juga masyarakat lainnya," tutur Reza.

Reza meminta masyarakat mendoakan agar seluruh aparat TNI Polri yang bertugas mendapat perlindungan dari Tuhan, agar kondisi di Papua segera kondusif sehingga pembangunan daerah dapat segera dilangsungkan.

Profil Sertu Ari Baskoro yang meninggal dunia

Meninggalnya Sertu Ari Baskoro akibat kontak tembak dengan KKB di Papua menambah daftar korban yang gugur akibat kelompok separatis tersebut.

Menurut pengakuan keluarga Sertu Ari berencana akan segera melamar kekasihnya pada bulan Desember mendatang. Namun rencana tersebut tinggal rencana yang tidak akan bisa dilakukannya.

Sertu Ari Baskoro merupakan pria kelahiran 26 Oktober 1996, yang merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara dari pasangan Endro Subroto dan Titik Kisworini.

Ia berhasil masuk  di  TNI AD  bulan  Februari  2016 dan bertugas sebagai  anggota satuan  BKO Apter Koramil persiapan Suru-Suru yang akan berakhir di bulan Desember ini.

Jenazahnya akan dimakamkan hari ini Senin (22/11) di pemakaman keluarga di Desa Pidodo Kulon Patebon, Kabupaten Kendal.

Tag : #kkb    #kontak tembak dengan kkb    #anggota tni meninggal    #serdu ari baskoro    #daerah   

Baca Juga