Piala Asia Wanita 2022 di India (Sumber Foto: skor.id)

Profil Peserta dan Timnas Indonesia di Piala Asia Wanita 2022

Michael | Sepakbola | 19-01-2022

Parboaboa.com – Piala Asia Wanita edisi ke-20 akan dilangsungkan di India mulai 20 Januari hingga 6 Februari 2022 berlokasi di tiga tempat, yakni Mumbai, Navi Mumbai, dan Pune.

Kejuaraan ini juga akan menjadi babak final kualifikasi Asia untuk Piala Dunia Wanita 2023 di Australia dan Selandia Baru. Lima tim akan langsung lolos ke babak utama sementara dua di antaranya akan melaju ke babak play-of antar konfederasi.

Ini akan menjadi partisipasi perdana Indonesia di Piala Asia Wanita, sejak terakhir kali ambil bagian pada tahun 1989 di Hong Kong, dimana mereka tersisih di babak fase grup.

Berikut ini merupakan profil peserta Piala Asia Wanita 2022.

Myanmar

Liga utama sepakbola wanita Myanmar di dirikan pada tahun 2016. Myawady FC adalah tim paling sukses dengan raihan dua gelar, sementara ISPE FC merupakan juara bertahan. Terakhir kali liga ini diadakan pada tahun 2018.

Pada liga edisi 2018/19, hanya ada delapan tim yang berpartisipasi yang akan saling berhadapan dua kali dalam format round-robin.

India

Indian Women’s League (IWL) di dirikan pada tahun 2016 dan sejauh ini telah berlangsung selama empat musim. Gokulam Karela menjadi juara bertahan yang pertama kali meraih gelar juara di musim 2019/20.

Dalam edisi pertama, terdapat enam tim yang berpartisipasi tetapi di musim lalu, setidaknya terdapat 12 tim yang mengambil bagian di liga. Ke-12 tim tersebut dibagi menjadi dua grup yang masing-masing berisi enam klub. Setelah melaksanakan babak grup dengan round-robin, dua tim teratas dari masing-masing grup lolos ke babak gugur.

Thailand

Di Thailand ada dua divisi di mana Liga Wanita Thailand berdiri di puncak kompetisi. Didirikan pada tahun 2009 dan sejak itu telah berjalan sebagai Liga Wanita Nasional divisi teratas. Jumlah peserta di liga juga bervariasi antara delapan hingga sebelas tim.

Pada musim 2020/21, terdapat delapan tim yang mengikuti liga yang dibagi menjadi dua fase. Tim bermain satu sama lain sekali di fase pertama, setelah empat tim teratas bersaing satu sama lain untuk menentukan pemenang gelar. Sementara, tim peringkat kelima hingga kedelapan akan bermain satu sama lain untuk menentukan tim yang akan terdegradasi ke Liga Wanita Thailand 2.

Jepang

Women Empowerment League adalah liga papan atas dalam sepak bola wanita Jepang. Ada tiga tingkatan dalam liga wanita ini. Liga divisi kedua dan ketiga adalah Liga Nadeshiko Divisi 1 dan Liga Nadeshiko Divisi 2.

Musim 2021/22 yang sedang berlangsung adalah edisi pertama Women Empowerment League. Liga dimulai pada 12 September 2021 dan akan berakhir pada 21 Mei 2022. Terdapat 11 tim yang berpartisipasi dalam liga dan mereka akan bermain satu sama lain dua kali selama semusim dalam format round-robin.

Australia

A-League Women, dibentuk pada tahun 2008, adalah kompetisi utama sepak bola wanita nasional di Australia. Melbourne City FC telah memenangkan gelar pada empat musim di masa lalu, gelar terbanyak dibandingkan klub mana pun di Australia.

Musim 2020/21 merupakan kali terakhir A-League Women digelar. Dimana terdapat sembilan tim yang berpartisipasi dan masing-masing tim memainkan 12 pertandingan. Sementara di akhir liga, empat tim yang lolos ke babak final akan bermain dengan sistem gugur.

Cina Taipei

Liga Sepakbola Mulan Taiwan adalah kompetisi wanita utama di Cina Taipei yang dibentuk pada tahun 2014. Hualien adalah klub paling sukses dalam sejarah liga dengan empat gelar. Mereka juga juara bertahan. Enam tim ambil bagian dalam liga di mana mereka bermain satu sama lain sebanyak tiga kali dalam satu musim.

Tiongkok

Liga Super Wanita Tiongkok adalah liga tingkat atas sepakbola wanita di Tiongkok. Itu didirikan pada tahun 1997 dan disebut Liga Sepakbola Nasional Wanita China dari 2011 hingga 2014.

Terdapat sepuluh tim berpartisipasi dalam liga dan mereka bermain satu sama lain sekali. Di akhir tahap liga, lima tim teratas bertarung memperebutkan kejuaraan di mana mereka sekali lagi bermain satu sama lain sebanyak sekali. Demikian pula, lima tim terbawah bermain satu sama lain sekali dan tim dengan peringkat terendah terdegradasi ke divisi kedua, Liga Sepakbola Wanita Tiongkok.

Universitas Jianghan Wuhan memenangkan liga edisi terakhir yang diadakan pada tahun 2020.

Iran

Liga Sepakbola Wanita Kowsar adalah kompetisi utama untuk pesepakbola wanita di Iran yang didirikan 14 tahun lalu pada tahun 2007.

Khatoon FC yang berbasis di Bam adalah tim paling sukses dalam sejarah kompetisi dengan tujuh gelar atas nama mereka. Liga edisi terakhir (musim 2020/21) diikuti oleh 11 tim. Mereka dibagi menjadi dua grup (satu grup berisi lima tim dan satu grup berisi enam tim) dan pertandingan dimainkan dalam format round-robin dua leg.

Setelah babak penyisihan grup, dua tim dari masing-masing grup lolos ke babak final di mana keempat tim saling berhadapan dalam pertandingan dua leg dan Shahrdari Sirjan memenangkan gelar terbaru.

Filipina

Liga Wanita PFF, dimulai pada tahun 2016, adalah kompetisi utama untuk klub sepakbola wanita di Filipina. Universitas De La Salle adalah tim paling sukses dalam sejarah singkat liga, memenangkan gelar tiga kali.

Edisi terakhir adalah pada tahun 2019 di mana 10 klub ambil bagian dan bermain dalam format round-robin dua leg. Universitas De Salle memenangkan gelar untuk ketiga kalinya dengan mencatatkan 45 poin dalam 18 pertandingan.

Korea Selatan

Liga WK adalah kompetisi utama untuk sepakbola wanita di Korea Selatan. Liga ini didirikan pada tahun 2009 di mana delapan tim ambil bagian. Tim yang berpartisipasi bermain satu sama lain tiga kali dalam satu musim (21 pertandingan untuk satu tim) dan tim dengan poin tertinggi memenangkan liga.

Incheon Hyundai Steel Red Angels adalah juara bertahan dan merupakan tim paling sukses dalam sejarah liga dengan delapan gelar atas nama mereka. Dari 2013 hingga 2021, Incheon Hyundai telah memenangkan semua gelar liga.

Indonesia

Liga 1 Putri adalah liga sepakbola papan atas wanita di Indonesia yang dibentuk pada tahun 2019. Persib Putri memenangkan liga edisi perdana. 10 tim berkompetisi di musim pertama liga. Mereka dibagi menjadi dua grup pada awalnya dan kemudian empat tim lolos ke babak sistem gugur. Sejak 2019, liga tidak lagi digelar karena pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Vietnam

Kompetisi Sepakbola Wanita Vietnam adalah kompetisi wanita utama di Vietnam yang dibentuk pada tahun 1998. Ho Chi Minh City I Women's FC adalah klub paling sukses dalam sejarah liga dengan sembilan gelar. Mereka juga juara bertahan. Delapan tim ambil bagian dalam liga dalam format round-robin dua leg.

Kompetisi Sepakbola Wanita Vietnam 2020 adalah yang terakhir kalinya liga diadakan sebelum terhenti karena pandemi.

Demikian profil peserta Piala Asia Wanita 2022 di India yang telah Parboaboa rangkum dari berbagai sumber terpercaya.
 

Tag : #timnas indonesia    #piala asia wanita 2022    #bri liga 1    #pssi   

Baca Juga