Risa Saraswati (Tribun)

Profil dan Biodata Risa Saraswati, Penulis Novel Dibalik Suksesnya Film Ivanna Van Djik

Sarah | Biografi | 29-07-2022

PARBOABOA - Mungkin sudah tidak asing bagi kamu dengan nama Risa Saraswati. Ya, beliau merupakan penyanyi serta penulis yang diklaim memiliki kemampuan supranatural dan mampu berkomunikasi dengan makhluk gaib. 

Kini, nama Risa Saraswati tengah naik daun, setelah dirinya menulis novel Ivanna Van Djik yang dijadikan sebuah film.

Ingin tahu lebih dalam tentang Risa Saraswati? Yuk, ikuti penjelasan kami di bawah ini!

Profil Risa Saraswati

Risa Saraswati merupakan seorang penyanyi dan penulis asal Indonesia. Ia dikenal dengan kemampuan supranaturalnya yang mampu berkomunikasi dengan makhluk gaib.

Perjalanan kariernya dimulai sejak 2002 dengan terjun ke bidang tarik suara sejak SMA. Setelah lulus, ia mulai serius menekuni bidang tersebut dengan bergabung dalam band bernama Homogenic.

Bersama Homogenic, ia merilis album studio Epic Symphony (2004), Echoes of Universe (2006), dan album kompilasi Jakarta Movement” (2005).

Pada 2009, ia mengundurkan diri dari Homogenic dan beralih menjadi vokalis band Sarasvati dan merilis album berjudul Story Of Peter.

Album tersebut berisikan 7 lagu dengan lagu andalan ‘Oh I Never Know’. Ada 5 lagu yang ia tulis sendiri dalam bahasa Inggris, sementara 2 lagu lainnya merupakan lagu daur ulang yang diantaranya yaitu ‘Question’ milik Space Astronauts dan ‘Perjalana’ milik Franky & Jane.

Selain menjadi seorang penyanyi dan penulis lagu, Risa Saraswati juga seorang penulis novel. Berawal dari menulis diary, menulis kisah sahabat, hingga menulis kisah-kisah di balik lagu-lagu yang ditulisnya dalam blog. Hobinya tersebut membawa keberuntungan hingga akhirnya muncul kesempatan untuk menulis lebih serius dalam sebuah karya bentuk buku.

Pada 2012, ia merilis buku berjudul Danur dengan tebal 214 halaman yang menceritakan tentang sisi lain kehidupan Risa yang tidak pernah diungkapkan ke publik. 

Risa ini merupakan lulusan Teknik Sipil dari Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Bandung yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Karawang Departemen Bina Marga dan Pengairan.

Pada Februari 2019, Risa Saraswati resmi menikah dengan penyiar Dimas Tri Aditiyo di Hotel él Royale, Bandung.

Biodata Risa Saraswati

Nama lengkap: Risa Saraswati

Nama panggilan: Risa

Tempat lahir: Bandung

Tanggal lahir: 24 Februari 1985

Agama: Islam

Nama Orang tua: Adang Surachman Rachmat (Ayah), Endang Sri Wahyuni (Ibu)

Pekerjaan saat ini: PNS

Pendidikan: Teknik Sipil di Universitas Katolik Parahyangan

Suami Risa Saraswati: Dimas Tri Adityo

Anak Risa Saraswati: Anaking Tri Adityo

Pendidikan: Magister Ilmu Komunikasi

Film Indonesia yang Diadaptasi dari Novel Risa Saraswati

1. Danur: I Can See Ghost (2017)

Sebelum diadaptasi menjadi sebuah film, buku Gerbang Dialog Danur ini sudah mencuri perhatian pecinta horor. Hal itu dikarenakan buku tersebut memang diadaptasi dari kisah nyata sang penulis, Risa Saraswati.

2. Danur: Maddah (2018)

Sukses dengan film pertamanya, Risa kembali menyuguhkan sekuel berjudul Danur: Maddah (2018). Film ini masih membahas tentang petualangan Risa dengan Peter cs.

3. Danur: Sunyaruri (2019)

Film Danur: Sunyaruri (2019) ini mengambil latar waktu ketika Risa sudah beranjak dewasa. Persahabatan Risa dengan Peter cs sempat goyah karena mereka mengganggu Dimas, teman dekat Risa.

4. Asih (2018)

Film Asih (2018) ini menceritakan tentang masa lalu Asih sebelum menjadi makhluk tak kasat mata.

5. Rasuk (2018)

Film Rasuk (2018) ini menceritakan tentang Langgir (Shandy Aulia) yang merasa hidupnya tidak beruntung. Langgir selalu merasa bahwa teman-temannya lebih beruntung dibanding dirinya.

6. Rasuk 2 (2020)

Film Rasuk 2 (2020) ini mengambil sudut pandang dari kisah Isabela (Nikita Willy) adik dari Inggrid, salah satu sahabat Langgir. Berbeda dengan film pertamanya, Rasuk 2 (2020) ini bercerita tentang kehidupan Isabela sebagai mahasiswi kedokteran forensik.

7. Silam (2018)

Film Silam (2018) ini menceritakan tentang kisah Baskara yang selalu dirundung oleh teman-temannya. Ketika mereka sedang melakukan studi tur ke sebuah museum, Baskara terjatuh.

8. Ananta (2018)

Risa Saraswati memang dikenal sebagai penulis film bergenre horor. Meski begitu, ternyata Ananta (2018) merupakan salah satu film yang diadaptasi dari buku Risa Saraswati loh.

9. Ivanna Van Djik

Film Ivana Van Djik ini menceritakan tentang wanita Belanda berambut pirang yang baik kepada pribumi.

Demikianlah profil dan biodata singkat Risa Saraswati lengkap dengan film yang diadaptasi dari novel tulisannya.

Tag : #risa saraswati    #penyanyi    #biografi    #penulis    #pns    #indigo   

Baca Juga