Presiden Jokowi Resmikan Gedung VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai dan 3 Pelabuhan di Bali

Penulis : Maesa | Nasional | 09-11-2022

Presiden Joko Widodo meresmikan sejumlah infrastuktur saat meninjau persiapan KTT G20 di Bali. (Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

PARBOABOA, Jakarta – Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan tiga pelabuhan yang tersebar di provinsi Bali.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini saya resmikan Gedung VVIP Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, yang kedua Pelabuhan Sanur, yang ketiga Pelabuhan Sampalan, dan yang keempat Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan, Provinsi Bali," kata Jokowi, dikutip dari siaran pers, Rabu (09/11/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa Presiden Jokowi mengapresiasi hasil revitalisasi gedung VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang mengusung tema arsitektur tradisional Bali yang dikombinasikan dengan nuansa modern.

"Pak Presiden sangat puas dengan apa yang kita lakukan. Di sini adalah bangunan Wantilan Bali tapi dengan nuansa modern," ujar Budi Karya.

Budi menuturkan bahwa terkait 3 pelabuhan tersebut merupakan instruksi langsung dari Presiden Jokowi untuk dibangun. Selain itu Budi melanjutkan, tidak hanya pulau, Kemenhub juga menyiapkan dermaga yang sesuai dengan kebutuhan para wisatawan yang berkunjung ke Bali.

"Kita siapkan dengan dermaga-dermaga yang proper dan di dermaga itu kita buat juga di Sampalan dan Bias Munjul sehingga mereka yang datang ke Nusa Penida, di Bali Sanur itu proper di sana di Sampalan dan Bias Munjul juga proper," ungkapnya.

Usai meresmikan empat fasilitas tersebut, Presiden Jokowi selanjutnya bertolak ke Kamboja untuk menghadiri rangkaian KTT ASEAN.

Jokowi akan kembali ke Tanah Air pada 13 November 2022 malam untuk melakukan berbagai kegiatan terkait KTT G20 di Bali. Salah satu kegiatannya adalah berkaitan dengan terpilihnya Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023 setelah terpilih sebagai tuan rumah Presidensi KTT G20.

Editor : -

Tag : #jokowi    #bali    #nasional    #bandara i gusti ngurah rai    #asean    #ktt g20    #kemenhub    #pelabuhan    #dermaga    #   

Baca Juga