Presiden Jokori didampingi Prabowo Subianto kunjungan kerja ke Kalimantan Timur

Prabowo Dukung Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur

rini | | 25-08-2021

PARBOABOA, Kalimantan Timur - Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau sodetan akses jalan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yaitu Tol Balikpapan-Samarinda, pada Selasa (24/8).

Tol Balikpapan-Samarinda menjadi momen bersejarah, mengingat ini merupakan yang pertama di Pulau Kalimantan.

"Ini menjadi momen bersejarah karena tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan. Ini capaian yang patut kita syukuri," tegas Jokowi.

Jokowi menjelaskan tujuan peninjauan tersebut adalah mempersiapkan infrastruktur untuk membangun ibu kota baru. Menurutnya, dengan turun langsung ke lapangan, dirinya akan lebih mudah menentukan titik-titik pembangunan infrastruktur itu.

"Juga tadi kita diskusi mengenai kira-kira di mana pelabuhan, di mana airport, sehingga kalau kita melihat ke lapangan ini seperti lebih mudah. Artinya apa? Agenda ibu kita baru ini tetap dalam rencana," ucap Jokowi.

Presiden Jokowi menginginkan pembangunan infrastruktur tidak hanya terpusat di pulau Jawa atau Sumatera, tapi merata di pulau-pulau lainnya.

Dalam kesempatan itu, Prabowo Subianto mengungkapkan dukungannya kepada Jokowi untuk terus melanjutkan pemindahan ibu kota negara.

Kita harus ada keberanian untuk memindahkan ibu kota, memisahkan pusat pemerintahan dari pusat keuangan, perdagangan, industri, ujar Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu menilai, pemindahan ibu kota negara sudah disiapkan dengan matang melalui berbagai studi dan pertimbangan. Untuk itu, pihaknya mendukung rencana tersebut untuk diteruskan.

"Saya kira ini saya sangat mendukung, saya menyarankan kepada Presiden bahwa kita harus teruskan Pak, begitu saran saya, dan Menteri PU juga sudah meyakinkan bahwa ini memang persiapannya sudah sangat matang," ujar Prabowo.

Tag : tokoh

Berita Terkait