Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil ( Foto: theasianparent)

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Berdasarkan Usia Kandungan

Huira | Kesehatan | 06-09-2022

PARBOABOA - Bagaimanakah posisi tidur yang baik untuk ibu hamil berdasarkan usia kandungan? Berikut penjelasannya.

Selama masa kehamilan, sistem imun tubuh seorang ibu akan banyak mengalami perubahan yang tak jarang menyebabkan kesehatan ibu hamil menjadi menurun. Maka penting bagi ibu hamil untuk selalu menjaga kesehatan dirinya selama 9 bulan masa kehamilan.

Hal ini karena janin juga akan bertumbuh dengan sehat hingga waktu kelahirannya jika sang ibu sehat. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungannya? Salah satunya ialah dengan menerapkan posisi tidur ibu hamil yang baik, aman, serta sesuai dengan usia kandungannya.

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

1. Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

• Tengkurap

Tengkurap bisa menjadi pilihan posisi tidur yang baik selama kehamilan masih belum terlalu besar. Posisi tidur ini bisa kamu terapkan hingga usia kandungan mencapai minggu ke 12-16. Pasalnya, pada usia kehamilan muda perut kamu mungkin masih tidak akan terlalu besar.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, posisi tidur tengkurap tidak disarankan karena dapat berakibat fatal untuk janin maupun ibu hamil.

• Telentang

Telentang merupakan posisi tidur yang dilarang selama trimester kedua dan ketiga. Pasalnya posisi tidur ini membuat seluruh bobot rahim dan bayi bertumpu pada punggung ibu hamil. Akibatnya, usus dan vena cava utama yang membawa darah kembali ke jantung dari tubuh bagian bawah akan tertekan dan akan memperburuk sakit pinggang, wasir, hingga berpengaruh pada efisiensi pencernaan ibu hamil.

Selain itu menurut Dr. Archana Dhawan Bajaj, posisi tidur telentang saat usia kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga dapat menyebabkan sirkulasi darah menurun atau melambat, artinya ibu hamil akan menghadapi kesulitan bernafas. Kondisi ini tentu akan berbahaya untuk ibu hamil dan akan berakibat pada kurangnya berat badan bayi.

Namun, posisi tidur telentang umumnya dianggap aman selama trimester pertama, dengan catatan hanya sesekali.

2. Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

• Miring Kiri

Posisi tidur ini baik untuk ibu hamil 4 bulan hingga trimeseter ketiga karena dapat meningkatkan aliran darah ke plasenta, sehingga janin akan memperoleh aliran darah dengan optimal.

Selain itu, posisi ini baik karena dapat mencegah rahim menekan organ hati yang berada di bagian kanan perut. Namun, jika kamu belum merasa terbiasa dengan posisi tidur yang satu ini, kamu juga dapat menyelinginya dengan posisi tidur miring kanan untuk mengurangi tekanan pada pinggul kiri.

• Posisi Tiga Perempat

Posisi tiga perempat ini merupakan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 5 bulan hingga trimester ketiga. Hal ini karena posisi ini memungkinkan aliran darah yang tepat serta mengurangi ketegangan otot dan persendian ibu hamil.

Nah, untuk menambah kenyamanan saat beristirahat, kamu bisa meletakkan bantal di bawah lengan, bawah perut, dan belakang punggung.

3. Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Pada trimester akhir biasanya ibu hamil akan semakin sulit untuk menemukan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 7-9 bulan. Nah, untuk mengatasinya kamu dapat tetap menerapkan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester kedua dan ditambah dengan penggunaan bantal dengan posisi ternyaman.

Kamu bisa menempelkan bantal pada bawah perut, di belakang punggung, hingga menggunakan bantal untuk menopang tubuh bagian atas pada sudut 45 derajat. Selain itu, untuk menemukan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 9 bulan, kamu juga dapat mencoba variasi menyilangkan kaki di atas kaki lainnya dan meletakkan bantal diantaranya.

Tips Mengatasi Susah Tidur Selama Masa Kehamilan

Untuk meningkatkan tidur yang baik, kamu juga bisa menerapkan hal-hal berikut.

• Hindari mengonsumsi minuman berkafein seperti soda, kopi, dan teh.
• Hindari makan atau minum dalam jumlah besar sebelum tidur.
• Atur jadwal tidur dan bangun tidur di waktu yang sama setiap hari.
• Bersantai menjelang waktu tidur seperti minum susu atau membaca buku.
• Latihan relaksasi, misalnya yoga atau mindfulness. 
• Gunakan bantal khusus masa kehamilan.
• Hindari menggunakan ponsel menjelang waktu tidur. 
Mengolah stres dengan baik.
• Konsumsi makanan tinggi nutrisi.

Demikianlah ulasan seputar posisi tidur yang baik untuk ibu hamil berdasarkan usia kandungannya. Semoga bermanfaat.

Tag : #ibu hamil    #posisi tidur    #kesehatan    #posisi tidur yang baik untuk ibu hamil    #susah tidur   

Baca Juga