Polisi: Tilang Manual Tetap Berlaku

Penulis : Adinda Dewi | Metropolitan | 30-11-2022

Foto balap liar. (Foto: media Indonesia)

PARBOABOA Jakarta -  Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan menindak pengendara motor yang melakukan kegiatan balap liar di jalan layang non tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan dengan melakukan tilang manual.

"Kan itu sudah balap liar namanya bisa saja tilang manual," kata Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum (Kasubdit Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jhoni Eka Putra dilansir dari Antara, Rabu (30/11/2022).

Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah pelanggaran terhadap lalu lintas yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Meskipun sebelumnya tilang manual telah dihapus berdasarkan instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Namun tilang manual masih diberlakukan dengan alasan melihat dari kondisi situasinya.

"Sekarang ini kalau tilang harus pakai elektronik tapi kalau manual bisa saja kalau seperti itu kondisinya," ujarnya.

Jhoni mengklaim, balapan liar yang dilakukan di JLNT telah menyalahi aturan berlalu lintas sebab jalan tersebut diperuntukan untuk kendaraan beroda empat karena dinilai membahayakan pengendara.

"Jadi itu nggak boleh, kan itu peruntukannya untuk kendaraan roda empat bukan roda dua. Pertama, itu membahayakan dia juga kalau out of control (tidak terkendali) bisa jatuh makanya dilarang itu motor," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif mengatakan tak hanya menilang manual, polisi juga akan melakukan penyitaan kendaraan terhadap oknum yang tidak memasang plat motornya.

"Melepas plat nomor merupakan pelanggaran yang cukup berat sehingga kami akan lakukan tindakan tilang untuk penyitaan kendaraan tersebut dengan tilang manual," kata Latif.

Sementara untuk kendaraan beroda empat yang memalsukan plat kendaraannya akan dicek untuk kelengkapan surat-suratnya dan jika tidak sesuai kendaraan tersebut akan ditahan.

"Rata rata kebanyakan sekarang plat nomor sepeda motor, kalau mobil ada yang memalsukan plat nomor. Kami akan hentikan, diperiksa. Kalau tidak sesuai kami tahan mobilnya sampai dengan dia bisa tunjukkan surat-suratnya," pungkasnya.

Editor : -

Tag : #tilang manual    #ditlantas    #metropolitan    #polda metro jaya    #tilang elektronik    #balap liar   

Baca Juga