Kendaraan pengangkut hewan ternak diputar balik (Merdeka.com)

Polisi Arahkan Sejumlah Kendaraan Pengangkut Hewan Ternak di Perbatasan Sumut-Aceh Putar Balik

Sarah | Daerah | 27-05-2022

PARBOABOA, Medan - Penyakit mulut dan kuku (PMK) mulai menyerang beberapa hewan ternak di daerah Sumatera Utara (Sumut).

Untuk mengantisipasi penyebarannya, Tim gabungan Polres Langkat bersama Polres Aceh Tamiang memutar balik sejumlah Kendaraan pengangkut hewan ternak di perbatasan Sumut-Aceh.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, ada sebanyak tujuh truk yang diputar balik.

"Kendaraan itu membawa tiga ekor domba dan dua ekor sapi," kata Hadi.

Hadi menjelaskan, alasan pemutar balikan kendaraan pengangkut hewan ternak tersebut karena tidak dilengkapi dengan surat sehat TMT 16 sampai 25 Mei 2022.

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Desa Bukit Kubu, Besitang, Kabupaten Langkat, Selasa (24/5/2022).

Sidak itu dilakukan untuk menindaklanjuti instruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dalam pencegahan penularan PMK. Setibanya di lokasi Panca Putra langsung mengecek kondisi sapi milik masyarakat.

"Sudah dicek kondisi sapinya ini. Kalo emang positif PMK secepatnya dilakukan karantina agar tidak menularkan dengan sapi-sapi lainnya," kata Panca Putra.

Tak hanya itu, Panca juga berbicara dengan pemilik sapi untuk memastikan bahwa hewan ternaknya tetap sehat saat dijual ke masyarakat.

"Diharapkan dengan gerak cepat ini dapat mengantisipasi penularan PMK," pungkas Panca.

Tag : #pmk    #polres langkat    #daerah    #polda sumut    #kapolda sumut    #berita sumut   

Baca Juga