Polda Metro Jaya Uji Coba ETLE Mobile di Jakarta Mulai Besok, 7 Desember 2022

Penulis : Desy | Metropolitan | 06-12-2022

Contoh mobil patroli dengan kamera ETLE. (Foto: dok. Istimewa)

PARBOABOA, Jakarta – Uji coba Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile di sejumlah jalan protokol DKI Jakarta akan dimulai besok, Rabu (07/12/2022).

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman di Polda Metro Jaya, Selasa (06/12/2022).

"Ini akan ditrial ke masyarakat untuk melakukan penindakan pada hari rabu," kata Latif.

Uji coba akan dilakukan dengan mengoperasikan 11 mobil dinas yang akan berpatroli ke sejumlah ruas jalan Jakarta, khususnya pada jalur-jalur protokol yang tidak terjangkau ETLE.

"Ya seluruh ruas jalan, nanti muter seluruh ruas jalan Jakarta, muter, ya jalur-jalur protokol di Jakarta gitu aja lah," ucap Latif.

Sedangkan untuk peluncuran ETLE Mobile ini akan dilaksanakan pada 13 Desember 2022 nanti, yaitu tepat satu pekan setelah uji coba dilakukan.

"Launching nanti tanggal 13 Desember 2022, belum hari ini. Diundur karena masih menunggu kegiatan waKapolda sama pak Kapolri," pungkasnya.

ETLE mobile telah dilengkapi fitur Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sehingga mampu merekam semua jenis pelanggaran.

Adapun jenis-jenis pelanggaran yang akan ditindak, antara lain pelanggaran ganjil genap, pengemudi tanpa helm, menggunakan ponsel saat berkendara, tidak mengenakan sabuk pengaman, melawan arus, melanggar rambu lalu lintas dan marka jalan.

Sebelumnya, uji coba ETLE Mobile telah lebih dulu dilakukan oleh Polres Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (05/12/2022) kemarin.

"Hari ini Satlantas Polres Tangsel sudah memberlakukan ETLE Mobile. ETLE mobile ini adalah perangkat ETLE yang diletakkan di mobil patroli satlantas Polres Tangsel," ujar Kasat Lantas Polres Tangsel, AKP Dicky Dwi Priambudi Arief Sutarman, Senin (5/12/2022) kemarin.

Sementara untuk pos pelayanan dan aduan ETLE mobile Polres Tangsel beroperasi dari hari Senin-Jumat pada pukul 08.00-13.00 WIB.

Editor : -

Tag : #latif usman    #polda metro jaya    #metropolitan    #uji coba etle mobile    #dki jakarta   

Baca Juga