PM Inggris Rishi Sunak akan Temui Joe Biden di KTT G20 Bali

Penulis : Maharani | Internasional | 26-10-2022

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak berbicara melalui sambungan telepon dengan Presiden Amerika serikat Joe Biden, pada Selasa (25/10/2022). (Foto: Twitter/@RishiSunak)

PARBOABOA, Jakarta – Perdana Menteri (PM) Inggris yang baru Rishi Sunak akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November mendatang.

Seperti dilansir dari Reuters, Rabu (26/10/2022), melalui sebuah pernyataan juru bicara kantor PM Inggris, mengatakan rencana pertemuan itu muncul saat Sunak melakukan panggilan telepon dengan Biden, pada Selasa (25/10/2022).

Kemudian, dalam kesempatan itu kedua pemimpin juga membahas kerja sama antara Inggris dan AS, baik dalam kerangka bilateral maupun kawasan, seperti Indo-Pasifik.

Indo-Pasifik merupakan kawasan tempat pakta pertahanan tiga negara AUKUS (Australia, Inggris dan Amerika Serikat) difokuskan menjadi bagian upaya untuk melawan pengaruh China.

Presiden Biden dan PM Sunak juga menyepakati pentingnya bekerja sama untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh China.

Kedua pemimpin itu juga sepakat akan terus mendukung Ukraina dalam perang melawan Rusia.

"Para pemimpin sepakat bekerja sama untuk mendukung Ukraina dan meminta pertanggung jawaban Rusia atas agresi yang dilakukan," demikian pernyataan resmi.

Sebelumnya, Presiden Biden mengucapkan selamat kepada PM Sunak melalui cuitan di akun Twitter pribadinya @potus.

"Selamat kepada Rishi Sunak karena telah menjadi Perdana Menteri Inggris. Bersama-sama, saya berharap dapat meningkatkan kerja sama kita dalam masalah-masalah penting bagi keamanan dan kemakmuran global," tulis Presiden Biden, pada Selasa (25/10/2022).

Editor : -

Tag : #perdana menteri inggris    #rishi sunak    #internasional    #presiden amerika serikat    #joe biden    #ktt g20 bali   

Baca Juga