Salah satu contoh gerakan pilates (Foto: bienestarfitness)

Pilates Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Gerakannya

Dimas | Olahraga | 31-08-2022

PARBOABOA – Apabila Kamu merupakan orang yang suka berolahraga, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan olahraga pilates. Sebab, olahraga yang satu ini memang sedang gencar dilakukan masyarakat untuk memperkuat otot sekaligus meningkatkan keseimbangan dan kelenturan postur tubuh.

Apa Itu Pilates?

Jika Kamu penasaran dengan apa itu pilates, kami akan memberikan beberapa informasi tentang olah raga ini. Pilates adalah salah satu metode olahraga yang ditujukan untuk melatih fisik dan berfokus pada rehabilitasi maupun penguatan tubuh.

Dasar atau prinsip pilates sendiri yakni menyatukan pemahaman antara jiwa dan raga untuk saling bekerja sama membantu tubuh lebih bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, pilates mencakup latihan teknik pernafasan, keseimbangan, mengontrol gerakan dan kekuatan otot, membentuk postur tubuh, serta melatih pemusatan fikiran atau konsentrasi.

Namun perlu Kamu ketahui, masih banyak di antara masyarakat yang masih sulit membedakan olahraga pilates dengan yoga. Memang, dilihat dari gerakannya mungkin terlihat serupa, akan tetapi keduanya adalah dual hal yang berbeda.

Olahraga pilates adalah versi terbaru dari olahraga yoga. Olahraga ini pertama kali dikembangkan sekitar abda 20-an oleh seorang atlet veteran asal Jerman yang bernama Joseph Pilates.

Manfaat Pilates

Pilates merupakan salah satu olahraga yang tergolong ringan yang diketahui dapat melatih, kekuatan, ketahanan, dan fleksibelitas otot. Selain itu pilates memiliki beberapa manfaat seperti:

1. Dapat memperbaiki bentuk tubuh

Manfaat pertama dari pilates adalah dapat memperbaiki bentuk atau postur tubuh. Dengan rutin melakukan olahrga ini, Kamu akan dapat melatih otot inti tubuh, seperti otot bagian punggung bawah, otot perut, dan ototo pinggul untuk bekerja selaras atau secara harmonis.

2. Dapat mengencangkan otot tubuh

Pilates dapat mengencangkan otot-otot seperti otot pungung, otot perut, dan otot dasar panggul yang berperan hampir di setiap gerakan tubuh. Dengan olahraga ini, bisa dipastikan bahwa tubuh Kamu akan menjadi lebih stabil dan kokoh

3. Menjaga berat badan

Pilates adalah salah satu olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan tetap ideal. Hal itu lantaran pilates dapat membakar kalori dalam jumlah besar. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Kamu bisa menyertainya dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan melakukan oleahrga lain seperti, aerobik, berenang dan berjalan kaki.

4. Terapi untuk nyeri otot

Pilates dapat menjadi terapi yang sangat baik bagi para penderita nyeri otot atau nyeri punggung bawah yang cukup kronis. Olahraga ini diketahui dapat memperkuat dab meningkatkan elastisitas otot, sehingga mempercepat pemulihan dan meringankan nyeri tersebut.

Agar terapi ini maksimal, Kamu bisa melakukan terapi dengan pengawasan dokter. Namun perlu Kamu ingat, mesik pilates dikategorikan sebagai olahraga yang ringan, Penderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi tidak disarankan untuk melakukan olahraga pilates.

5. Mempertajam Fokus

Meski terlihat mudah, pilates adalah salah satu olahraga yang membutuhkan fokus atau konsentrasi yang tinggi. Olahraga ini berpusat pada harmonisasi pengendalian pikiran, tubuh, dan pengaturan nafas yang membuat Kamu jadi lebih berfokus pada setiap gerakan.

Hal itu dilakukan agar Kamu tidak teledor saat melakukan olahraga ini, yang dapat menyebabkan terjatuh atau mencelakai diri sendiri saat melakukan pose salah satu gerakan

Contoh Gerakan Pilates

Bagi Kamu yang ingin melakukan olahraga pilates, berikut ini adalah contoh gerakan yang bisa Kamu lakukan, diantaranya:

1. Triceps Dips

Gerakan yang satu ini dianggap sulit bagi sebagian besar orang, namun jika Kamu mengetahui kunci utamanya pasti akan terasa lebih mudah. Oleh sebab itu, kunci utama dari gerakan triceps dips adalah dengan menarik bahu yang nantinya membuat pungung atas da otot trisep Kamu mengencang.

Adapun langkah-langkah gerakan ini adalah:

  • Mulailah dengan duduk di atas matras dengan kaki menjulur ke depan dan punggung yang menghadap ke arah sebuah kursi atau kotak yang kokoh.
  • Letakkan telapak tangan Kamu ke kotak tersebut dengan jari-jari yang menghadap ke depan
  • Coba untuk meluruskan lengan agar dapat menaikkan dan menurunkan kaki
  • Kemudian, tekuk siku untuk menurunkan punggung, namun jangan sampai bokong Kamu menyentuh lantai
  • Pastikan untuk menjaga tumit tetap berada di lantai dan siku berada di belakang tubuh Kamu 

2. Superman

Untuk melakukan gerakan ini, langkah-langkah yang Kamu lakukan, antara lain:

Mulailah dengan berbaring dengan posisi telungkup dan wajah mengadap matras serta tangan di atas kepala

Cobalah untuk mengangkat tubuh Kamu dari matras dan berhenti beberapa saat sebelum kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan ini secara berulang

3. Roll Up

Pilates adalah olahraga ringan yang dapat dilakukan dengan mudah dirumah. Salah satu gerakan dari pilates yang bisa Kamu lakukan adalah roll-up.

Gerakan yang satu ini dipercaya berguna untuk memperbaiki postur tubuh. Pada umumnya, gerakan ini dilakukan sebagai pemanasan sebelum melakukan gerakan lain. Pada gerakan ini, langkah-langkah yang bisa Kamu lakukan yakni:

  • Baringkan tubuh pada posisi telentang di atas matras dengan tangan yang berada di atas kepala
  • Angkat lengan hingga peergelangan tangan berada sejajar dengan bahu
  • Mulailah untuk terbangun dari posisi awal dengan menekuk tubuh Kamu
  • Gerakan ini akan berhasil apabila Kamu merasa posisi sudah mirip dengan huruf U dengan tangan menjulur ke depan

Contoh gerakan di atas menjadi penutup dari informasi seputar pengertian, manfaat dan gerakan pilates. Apabila Kamu menginginkan bentuk atau postur tubuh yang idela, Kamu bisa melakukan olahraga yang satu ini secara rutin. Semoga bermanfaat!

Tag : #pilates    #gerakan pilates    #olahraga    #yoga    #bentuk tubuh   

Baca Juga