Syarat Wajib Peserta UTBK-SNBT, Unggah Foto Diri Minimal Tiga Bulan Terakhir

Penulis : Desy | Pendidikan | 10-12-2022

Sekretaris Eksekutif SNPMB, Bekti Cahyo Hidayanto. (Foto: dok. its.ac.id)

PARBOABOA, Jakarta – Peserta UTBK-SNBT wajib menggunakan foto terbaru yang diambil minimal tiga bulan terakhir untuk diunggah ke form pendaftaran.

"Maka saat mengunggah foto adalah pas foto terbaru, minimal tiga bulan terakhir," ujar Sekretaris Eksekutif SNPMB, Bekti Cahyo Hidayanto, dalam webinar Sosialisasi SNPMB dikutip Sabtu (10/12/2022).

Syarat tersebut diwajibkan lantaran sebelumnya ditemukan kasus, dimana peserta mengunggah fotonya saat masih duduk di bangku SMP. Akhirnya pengawas ujian tidak mengizinkan peserta untuk mengikuti ujian.

"Sekali lagi kenapa ini jadi perhatian karena tahun kemarin ada yang pasang foto pas SMP itu kan artinya foto tiga tahun lalu. Saat yang datang beda ditolak pengawas, ya pengawas nggak salah dong,” ujarnya.

Untuk itu, ia meminta kepada para peserta untuk lebih memperhatikan hal tersebut guna menghindari terulangnya kejadian serupa.

“Artinya memang ini perlu diperhatikan. Memang kalau diperhatikan betul-betul tentu akhirnya diakui itu orang yang sama, cuma ini kan akan mempersulit dan memakan waktu," lanjutnya.

Sebagai informasi, Jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) yang merupakan pengganti dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan.

Masing-masing PTN membuka kuota sebanyak 20 persen untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2023, dengan tiga jalur masuk yang dibuka, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur Seleksi Mandiri.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Editor : -

Tag : #bekti cahyo hidayanto    #sekretaris eksekutif SNPMB    #pendidikan    #UTBK SNBT    #syarat unggah foto   

Baca Juga