Motor terendam banjir (Foto: Parboaboa/Lamsari)

Wajib Tahu! Begini Pertolongan Pertama Saat Motor Terendam Banjir

Juni | Otomotif | 16-11-2022

PARBOABOA, Pematang Siantar – Banjir merupakan bencana yang kerap menyebabkan kerugian besar, salah satunya kerusakan pada sepeda motor. Ada kalanya kita memaksakan melewati genangan air yang tinggi untuk bisa sampai tujuan.

Akibatnya, kerusakan pada komponen kendaraaan bisa saja terjadi. Mesin yang terendam air juga bisa menyebabkan motor mogok. Penyebabnya beragam, mulai dari busi yang basah imbas terendam air, atau karena air yang masuk sampai ke ruang bakar.

Berikut dijelaskan beberapa pertolongan pertama yang dapat dilakukan jika motor terendam banjir.

1. Matikan Arus Listrik

Jika motor Anda terendam banjir saat dalam keadaan terparkir, maka segera matikan arus listrik dengan melepaskan kabel plus dan minus pada aki. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya korsleting arus listrik pada sepeda motor Anda.

2. Periksa Busi dan Tutup Busi

Komponen motor yang satu ini paling rentan mengalami kerusakan saat terjadi banjir, karena posisinya nya yang berada di bagian bawah sepeda motor. Busi atau tutup busi yang bermasalah umumnya akan menimbulkan masalah juga di bagian pengapian.

Biasanya akan timbul gejala “brebet” saat mesin dihidupkan atau bahkan tidak bisa hidup sama sekali.

3. Periksa Filter Udara

hal yang bsia dilakukan selanjutnya adalah dengan memeriksa filter atau saringan udara dan pastikan tidak ada air di dalam filter udara. Jika filter udara sudah terlanjur kemasukan air, sebaiknya segera lepaskan saringan udara dan keringkan.

Akan tetapi, jika filter udara sudah terlanjur terendam banjir parah, sebaiknya segera lakukan penggantian dengan yang baru.

4. Cek Continous Variable Transmission (CVT)

Khusus untuk motor matic, bagian CVT sangat rentan jika terkena banjir meskipun sudah dilengkapi drain hole untuk akses air keluar. Namun jika motor Anda terendam banjir, maka bagian CVT harus dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu sebelum dihidupkan.

Hal itu dilakukan guna menghindari korsleting arus pendek pada bagian spul yang terkena air.

5. Periksa Oli Mesin

Untuk mengidentifikasi apakah air masuk ke ruang mesin atau tidak, bisa dilakukan dengan melihat warna oli mesin. Jika warna oli berubah menjadi putih dan berbusa, maka dapat dipastikan oli tercampur dengan air.

Itulah tadi penjelasan tentang pertolongan pertama saat sepeda motor terendam banjir. Ada baiknya juga segera membawa sepeda motor Anda ke bengkel untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Tag : #motor    #banjir    #otomotif    #perawatan motor    #tips   

Baca Juga