ilustrasi (foto: PIXABAY)

Persiapan Penting Sebelum Kuliah di Luar Negeri

Sondang | Pendidikan | 24-12-2021

PARBOABOA, Siantar – Sebagian orang pasti memiliki keinginan untuk berkuliah di luar negeri. Banyak alasan yang mendasari hal ini. Namun sebelum memulai, ada baiknya untuk mempersiapkan beberapa hal penting berikut.

7 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Kuliah di Luar Negeri

1. Mencari tahu segala hal tentang negara yang dipilih

Hal yang pertama dan utama untuk diperhatikan sebelum kuliah di luar negeri adalah mencari tahu informasi mengenai negara tersebut. Sebab, negara ini harus menjadi tempat nyaman dan aman untuk menuntut ilmu.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyesalan kamu saat tiba di sana. Karena tidak semua negeri orang sesuai dengan apa yang diharapkan. Jadi, kamu perlu mempelajari negeri tersebut sebanyak mungkin.

2. Memilih jurusan yang diinginkan

Setiap universitas tentu memiliki beragam jurusan dengan rating tertinggi di dunia sampai rating terendah. Namun, tidak semua universitas memiliki akreditasi terbaik du setiap program studinya.

Jadi, sebelum memutuskam untuk berkuliah di luar negeri, kamu perlu memilih jurusan yang sesuai dengan minat mu. Kemudian, carilah universitas yang memiliki akreditas baik di jurusan tersebut.

3. Mempelajari bahasa yang digunakan di negeri tersebut

Untuk berkunjung negeri orang, kamu harus mengetahui bahasa apa yang digunakan di sana. Tujuannya adalah agar kamu mengerti apa yang dikatakan oleh lawan bicaramu.

Misalnya, kamu ingin menempuh pendidikan di Amerika. Artinya kamu harus belajar bahasa Inggris dan mengikuti tesnya seperti Toefl, IELTS atau TOEIC.

4. Mengetahui cara menghemat keuangan

Negeri orang tentu saja sangat mempesona apalagi dengan beragam barang yang ditawarkan. Namun, kamu harus menahan diri untuk hal-hal seperti itu agar uang yang kamu miliki bisa cukup untuk hal yang penting.

Meskipun kamu anak orang kaya, hemat itu sangatlah diperlukan. Sebab, kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi kedepannya. Seperti pribahasa mengatakan, “sedia payung sebelum hujan”.

5. Menjaga kesehatan

Tubuh manusia membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk beradaptasi di tempa yang berbeda. Apalagi jika pindah dari Indonesia ke luar negeri. Suasana, udara dan airnya pasti sangat berbeda.

Jadi, kamu perlu menjaga kesehatan agar dengan mudah terbiasa dengan tempat baru. Sebab, imun yang kuat tentu lebih cepat membuat tubuh terbiasa dengan suasana baru. Hal ini bisa dimulai dengan olahraga dan makan makanan yang sehat.

6. Mempersiakan mental

Jauh dari orang tua membuat kamu harus mandiri seperti mengurus diri sendiri, menyelesaikan masalah sendiri, membutuhi kebutuhan sendiri dan lain-lain.

Untuk melakukan hal itu, kamu harus memiliki mental yang kuat. Sebab, mandiri membutuhkan mental yang kuat agar bisa bertahan dan sukses di negeri orang.

7. Wujudkan mimpimu

Setelah mempersiapkan keenam hal di atas, tibalah saatnya untuk mewujudkan mimpimu dengan berkuliah di luar negeri. Yakinkan dirimu bahwa kamu akan mampu menjalani segala hal yang akan terjadi di sana.

Itulah 7 hal yang wajib dipersiapkan sebelum kuliah di luar negeri. Pastikan kamu mengikuti semua langkah yang sudah kami berikan. Selamat berjuang!

Tag : #pendidikan    #pendidikan tinggi    #perkuliahan    #persiapan kuliah   

Baca Juga