4 orang warga sipil yang meluncur ke luar angkasa

SpaceX Inspiration4, Perjalanan ke Luar Angkasa dengan Membawa 4 Warga Sipil

rini | Internasional | 16-09-2021

PARBOABOA, Amerika Serikat - Perjalanan ke luar angkasa seperti akan menjadi tren wisata yang baru. Kemarin malam Rabu (15/9) perusahaan SpaceX milik Elon Musk dan Badan Antariksa dan Aeronautika Amerika (NASA) meluncurkan misi luar angkasa bernama Inspiration4 dengan membawa 4 orang warga sipil.

Inspiration4 meluncur mengunakan roket Falcon 9 milik SpaceX. Jared Isaacman, 38 tahun, seorang miliarder akan memimpin penerbangan tersebut. Jared menjadi miliarder ketiga yang menyambangi luar angkasa mengikuti jejak Sir Richard Branson dan juga Jeff Bezos.

Bergabung dengan Jarod, awak lainnya bernama Hayley Arceneaux, perempuan berusia 29 tahun, seorang penyintas kanker yang juga bekerja sebagai asisten dokter di Tennessee, Amerika Serikat.

Awak sipil lainnya adalah Chris Sembroski, 42 tahun, seorang 'data engineer' dan Sian Proctor, 51 tahun, seorang dosen asal Arizona.

Sebelum peluncuran resminya, keempat awak kapsul tersebut telah menjalani pelatihan selama 6 bulan. Kapsul tersebut memang dikendalikan secara otomatis, pelatihan tersebut untuk mempersiapkan para awak menghadapi kondisi darurat.

Kapsul yang membawa 4 awak tersebut akan menghabiskan waktu tiga hari untuk memutari Bumi di ketinggian orbit 100 mil atau 160 kilometer, lebih tinggi dari posisi Stasiun Luar Angkasa Internasional. Setelah itu, mereka akan meluncur dan mendarat di lepas pantai Florida, Amerika Serikat pada akhir pekan ini.

Misi ini bertujuan untuk mengumpulkan dana 200 juta dollar AS (Rp 2,8 triliun) untuk Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude di AS, rumah sakit spesialis penelitian dan pengobatan kanker anak dan penyakit yang mengancam jiwa lainnya.

Tag : #internasional    #Space X meluncurkan warga sipil ke luar angkasa    #NASA   

Baca Juga