10 Perintah Allah Katolik dan 5 Ajaran Gereja (Dok:Kumparan)

10 Perintah Allah Katolik dan 5 Pengajaran Gereja untuk Kamu Ketahui

Ester | Pendidikan | 02-08-2022

PARBOABOA – Sebagai umat Katolik, tentu setiap orang wajib untuk mengetahui apa-apa saja perintah Allah dan perintah gereja untuk dilakukan. Untuk itu, di bawah ini Parboaboa akan memberikan ulasan 10 perintah Allah Katolik dan maknanya, serta 5 perintah gereja dalam Katolik.

Mengetahui 10 perintah Allah dan pengajaran dalam agama Katolik adalah salah kewajiban yang perlu dilaksanakan setiap umat Katolik. Sebab, Musa sebagai utusan Allah sudah menyampaikan apa saja 10 perintah Allah untuk dijalankan setiap umat-Nya.

Perintah tersebut disampaikan saat Musa menuntun perjalanna bangsa Israel keluar dari perbudakan Mesir.

Oleh karena itu, sebagai umat Katolik yang takut akan Allah sudah sepatutnya kita melaksanakan perintah Allah dan pengajaran gereja.

Namun sebelum itu, tahukah kamu apa saja 10 perintah Allah Katolik dan pengajaran gereja? Jika belum, maka ulasan kami di bawah ini wajib kamu pahami.

Pada artikel kali ini, kami akan menyampaikan 10 perintah Allah Katolik dan pengajaran gereja yang wajib dipahami setiap umat Katolik.

10 Perintah Allah Katolik

  1. Akulah Tuhan Allahmu, jangan menyembah berhala, berbaktilah kepada-Ku saja dan cintailah Aku lebih dari segala sesuatu.
  2. Jangan menyebut nama Tuhan dengan tidak hormat.
  3. Kuduskanlah hari Tuhan.
  4. Hormatilah ibu bapamu.
  5. Jangan membunuh.
  6. Jangan berzinah.
  7. Jangan mencuri.
  8. Jangan bersaksi dusta terhadap sesamamu manusia.
  9. Jangan mengingini istri sesamamu.
  10. Jangan mengingini milik sesamamu secara tidak adil.

Makna 10 Perintah Allah dalam Katolik

Pertama: Kita tidak boleh menyembah berhala dan kita wajib berbakti kepada Allah saja. Sebab, Allah kita adalah Allah yang pencemburu, dan ia tidak ingin umat-Nya mengkhianati-Nya.

Kedua: Kita tidak boleh menyebut nama Allah sembarangan, misalnya bersumpah atau mengatakan hal-hal kotor dengan membawa nama-Nya.

Ketiga: Kita harus menguduskan hari Tuhan, seperti beribadah setiap minggu atau hari besar lainnya.

Keempat: Kita wajib menghormati kedua orang tua kita, sebab merekalah yang sudah melahirkan, merawat, dan membersarkan kita. Jadi, kita harus menghormati mereka.

Kelima: Kita tidak boleh membunuh, karena Allah tidak suka kepada orang-orang yang merampas dan menjadi penentu nasib seseorang. Karena mati sudah di tangan Allah.

Keenam: Kita tidak boleh berzinah, karena hal itu sama saja dengan hewan yang tidak memiliki akal dan pikiran. Allah tidak menyukai hal itu karena manusia diciptakan memiliki akal untuk berpikir mana yang benar dan salah.

Ketujuh: Mencuri adalah hal yang dapat merugikan orang lain, dan kita tidak boleh untuk melakukan perbuatan tersebut.

Kedelapan: Kita tidak boleh bersaksi dusta terhadap sesama karena hal tersebut sama saja dengan fitnah. Seperti yang kita ketahui, fitnah lebih kejam dari pada pembunuhan. Oleh sebab itu, Allah tidak menyukai umatnya melakukan hal yang ia larang.

Kesembilan: Jangan mengingini istri atau suami orang lain, karena hal ini masih sama dengan berzinah.

Kesepuluh: Jangan mengingini milik orang lain secara tidak adil. Pakaialah milik kita sendiri dan sykuri apa adanya. Jika ingin menggunakan barang orang lain, sebaiknya pinjam atau permisi terlebih dahulu.

5 Perintah Gereja dalam Katolik

  1. Rayakan hari raya yang disamakan dengan hari Minggu.
  2. Ikutilah Perayaan Ekaristi pada hari Minggu dan hari raya yang diwajibkan dan janganlah melakukan pekerjaan yang dilarang pada hari itu.
  3. Berpuasalah dan berpantanglah pada hari yang ditentukan.
  4. Mengaku dosalah sekurang-kurangnya sekali setahun.
  5. Sambut tubuh Tuhan pada masa Paskah.

Demikianlah 10 perintah Allah dalam Katolik dan pengajarannya yang wajib dipahami oleh seluruh umat Katolik. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat dan Deo Gratias.

Tag : #perintah allah    #katolik    #pendidikan    #gereja    #ajaran    #agama   

Baca Juga