Perbedaan Paragraf Deduktif dan Induktif dalam Sebuah Teks Beserta Contohnya

Penulis : Patrick | Pendidikan | 03-11-2022

Ilustrasi perbedaan Paragraf Deduktif dan Induktif (Foto: freepic)

PARBOABOA - Dalam penulisan sebuah teks atau naskah, paragraf, kalimat, dan kata adalah komponen penting dalam penyusunannya. Dalam sebuah naskah pasti terdapat beberapa paragraf yang memiliki fungsi dan penjelasan tentang suatu hal yang dibicarakan.

Paragraf adalah kumpulan dari beberapa kalimat yang memuat satu ide pokok atau gagasan utama. Berdasarkan letaknya, paragraf dapat dibedakan menjadi empat yaitu:

  1. Paragraf Deduktif
  2. Paragraf Induktif
  3. Paragraf Campuran
  4. Paragraf Ineratif

Jenis paragraf campuran adalah perpaduan antara paragraf deduktif dan induktif, sementara paragraf ineratif adalah paragraf yang gagasan utamanya terdapat pada bagian tengah.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perbedaan paragraf deduktif dan induktif, namun sebelum kesana sangat penting untuk kalian terlebih dahulu mengetahui pengertian dari masing-masing jenis paragraf ini. Simak selengkapnya!

Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif  adalah suatu paragraf yang ide pokok atau gagasan utamanya terletak pada awal paragraf. Paragraf  ini umumnya membahas mengenai pernyataan umum dengan kalimat pendukung untuk memperjelas pernyataan itu.

Paragraf ini bisa diartikan sebagai suatu paragraf yang dimulai dari sesuatu yang umum, kemudian diberi kalimat pendukung, dan di akhir dengan penjelasan atau kesimpulan khusus.

Berikut ini sebagai contoh paragraf deduktif,

Contoh:

Banjir sudah menjadi hal yang biasa di Kota Jakarta. Bencana banjir tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, sungai atau saluran-saluran irigasi tidak berfungsi dengan baik. Kedua, pendangkalan sungai dan sulitnya proses normalisasi sungai. Ketiga, kurang pedulinya warga dan para pengusaha terhadap lingkungan dengan budaya mereka membuang sampah dan limbah di sungai. Terakhir, pembangunan gedung, jalan, dan bangunan lainnya yang membuat tanah susah menyerap air. Selain itu, pepohonan hijau juga menjadi berkurang dan menyebabkan keseimbangan alam terganggu sehingga menjadi banjir.

Penjelasan:

Ide pokok pada paragraf tersebut terdapat di awal yang mengatakan “banjir sudah menjadi hal yang biasa di kota Jakarta dan disebabkan oleh beberapa faktor.”  Kemudian diperjelas dengan faktor yang menyebabkan banjir bisa terjadi.

Pengertian Paragraf Induktif

Jika paragraf deduktif gagasan utamanya ada di depan atau di awal paragraf, maka paragraf induktif adalah kebalikannya. Artinya, ide pokok atau gagasan utamanya terletak di akhir paragraf merupakan pengertian dari apa itu paragraf induktif.

Sementara itu awal dari paragraf ini diisi dengan penjelasan atau kalimat pendukung yang memperjelas mengenai topik yang dibahas untuk mendapatkan kesimpulan secara umum lebih dulu.

Berikut ini sebagai contoh paragraf induktif,

Contoh:

Setelah hasil tes ulangan semester dibagikan, nilai mata pelajaran Mikmok sangat beragam. Matematika mendapatkan nilai 89, Bahasa Indonesia 95, PKN 95, Bahasa Inggris 94, PAI 89, PJOK 87. Tidak ada satu mata pelajaran pun yang harus diulang Zainal. Bisa dikatakan Mikmok adalah anak yang pandai di kelasnya.

Penjelasan:

Pada paragraf tersebut, ide pokok atau gagasan utamanya terletak di akhir paragraf “Bisa dikatakan Mikmok adalah anak yang pandai di kelasnya.”

Kemudian, kalimat penjelas terletak di awal paragraf yang mengatakan “Matematika mendapatkan nilai 89, Bahasa Indonesia 95, PKN 95, Bahasa Inggris 94, PAI 89, PJOK 87.”

Perbedaan Paragraf Deduktif dan Induktif

Berikut ini akan dijelaskan perbedaan paragraf deduktif dan induktif dalam penyusunan sebuah teks, agar dapat dipahami dan dimengerti.

Secara umum perbedaan kedua paragraf ini dapat dilihat dari letak ide pokok atau gagasan utamanya dalam paragraf. Paragraf deduktif, kalimat utamanya berada di awal, sementara paragraf induktif, kalimat utamanya berada di akhir paragraf.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat melalui perbandingan ciri-ciri kedua paragraf ini, simak selengkapnya!

Ciri-ciri Paragraf Deduktif

  1. Ide pokok terletak di Awal Paragraf
  2. Pola Paragraf dimulai dari Umum ke Khusus
  3. Dimulai dengan Kalimat Pernyataan Umum
  4. Kalimat Utama dibuat lebih Fokus

Ciri-ciri Paragraf Induktif

  1. Ide pokok terletak di Akhir Paragraf
  2. Pola Paragraf dimulai dari Khusus ke Umum
  3. Dimulai dengan Kalimat Khusus
  4. Gagasan Utama merupakan Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan paragraf deduktif dan induktif yang perlu kamu ketahui. Untuk pengaplikasiannya, kamu bisa melihat contoh diatas dan menirunya agar lebih paham dan lebih mudah membuat contoh paragraf yang baru. Semoga bermanfaat!

Editor : -

Tag : #paragraf    #deduktif    #pendidikan    #induktif    #bahasa indonesia    #teks    #naskah    #kalimat utama    #ide pokok    #kalimat penjelas   

Baca Juga