Perawatan Rambut Rontok (foto: istockphoto)

Simak Penyebab dan Cara Merawat Rambut Rontok, Kamu Sudah Tau Belum?

Regina | Kesehatan | 19-09-2022

PARBOABOA -  Setiap orang pastinya mengingini tampilan rambut yang sehat dan terawat. Pasalnya, dengan rambut yang terhindar dari masalah dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang dalam beraktivitas.

Banyak cara yang dilakukan dalam melakukan perawatan rambut, namun tak sedikit keluhan tentang  tampilan rambut setiap harinya. Salah satunya adalah rambut rontok parah. Setiap orang pastinya sering mengalami kejadian yang satu ini.

Keluhan tentang masalah yang satu ini bisa saja membuat penampilan menjadi rusak, serta mengganggu rasa nyaman. Apalagi, jikalau rambut rontok parah yang dialami sampai menyebabkan kebotakan. Lalu, apa penyebab rambut rontok parah dan cara mengatasinya?

Berikut penjelasan yang sudah parboaboa rangkum, simak yuk!

Penyebab Rambut Rontok Parah

1. Infeksi Jamur

Jamur dan bakteri selalu ada di bagian kulit kepala, dan hal itu merupakan sesuatu yang wajah. Namun yang menjadi permasalahannya adalah ketika jamur yang tumbuh tidak terkontrol. Selain dapat menjadi penyebab rambut rontok parah, jamur dan bakteri tersebut dapat menyebabkan ketombe yang berlebih.

Banyak yang menjadi faktor jamur yang ada di kulit kepala mengalami infeksi, beberapa di antarnya stress dan asupan gizi yang kurang.

2. Salah Memilih Shampoo

Untuk kamu yang sering menggunakan shampoo untuk mengatasi masalah lain di rambut, namun tetap mengalami rambut rontok yang cukup parah, itu berarti formula pada produk yang kamu gunakan terlalu keras dan tidak cocok untuk digunakan.

Berbeda orang beda pula cara kulit kepala menerima kandungan yang ada di dalam shampoo. Ada beberapa formula pada shampoo yang dapat menyebabkan kulit kepala iritasi. Selain itu, rambut bisa terasa kering dan mengalami kerontokan secara perlahan.

3. Sering Menggunakan Styling Rambut

Yang biasanya menggunakan catokan atau blow untuk membuat rambut telihat menarik, styling hair  dapat membuat rambut menjadi rontok bahkan hingga 2x lipat. Tanpa kamu sadari penggunaan styling rambut tersebut dapat menarik akar rambut.

Jikalau kamu memiliki akar rambut yang tidak sehat dan ternutrisi dengan baik, maka rambut rontok parah akan menghampiri kulit kepalamu.

4. Sering Menggonta-Ganti Warna Rambut

Walaupun terlihat cantik dan stylish dengan warna rambut yang berbeda-beda setiap harinya, namun proses kimia saat melakukannya akan berdampak negatif ke rambut. Kondisi rambut akan berubah menjadi kering, rusak, bercabang dan rontok.

5. Stress

Percaya atau tidak, stress daoat menjadi salah satu penyebab rambut rontok parah. Kondisi ini dikenal dengan istilah Telogen Effluvium yang terjadi karena stress fisik dan emosional.

Cara Melakukan Perawatan Rambut Rontok              

1. Melakukan Diet Mediterania

Diet mediterania dapat menjadi salah satu cara dalam melakukan perawatan rambut rontok dengan cara mengonsumsi makanan dengan kandungan yang kaya akan serat. Beberapa di antaranya seperti sayur mentah dan rempah segar yang dapat mengurangi resiko keobtakan pada rambut.

2.  Mongonsumsi Suplemen

Suplemen dan multivitamin memiliki khasiat yang baik untuk membantu kesehatan tubuh. Hal itu dapat menjadi obat rambut rontok jikalau kamu konsumsi secara rutin. Peran vitamin dan mineral dapat mencegah kerontokan rambut.

Beberapa vitamin rambut rontok yang dapat membantu kesehatan rambut dan kulit kepala yaitu dengan kandungan vitamin B, D, A, C, E, selenium, zinc, dan zat besi.

3. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Hal yang satu ini berlaku untuk pemilik rambut panjang dan sering mengikatnya dengan kencang. Hal tersebut hanya akan membuat rambut lebih mudah patah dan akhirnya rontok. Jikalau ingin mengikat, usahakan jangan terlalu kencang demi kesehatan rambut.

4. Hindari Shampoo Dengan Formula Yang Keras

Dalam menggunakan shampoo, pilih yang sesuai dengan permasalahan rambut.  Pastikan shampoo yang digunakan tidak ingredients yang keras dan membuat rambut kering. Jikalau rambut menjadi kering, hanya akan mempermudah kerontokan di batang rambut.

5. Mengonsumsi Obat

Jikalau masuk dalam kategori yang cukup parah, kamu bisa melakukan perawatan rambut rontok dengan mengonsumsi obat yang berasal dari resep dokter. Salah satu obat yang bisa dikonsumsi adalah minoksidil, yang dapayt membantu perangsangan pertumbuhan rambut.

Nah, itu dia beberapa penyebab dan cara untuk merawat rambut rontok, semoga artikel ini membantu.

Tag : #rambut rontok    #penyebab    #kesehatan    #cara merawat    #vitamin rambut   

Baca Juga