Kemendikbudristek: Peran Guru Tak Akan Terganti Meski Teknologi Berkembang

Penulis : Juni | Pendidikan | 29-11-2022

Proses belajar mengajar (Foto: Parboaboa/Juni)

PARBOABOA, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyampaikan bahwa guru dituntut untuk terus memperbarui pengetahuan.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nunuk Suryani mengatakan, guru dan murid harus bekerja sama agar dapat memberikan pengetahuan terbarukan sesuai kemajuan zaman.

“Tuntutan-tuntutan terhadap guru tersebut adalah sebuah penanda bahwa peran guru tidak akan tergantikan meskipun zaman dan teknologi terus berubah dan berkembang," kata Nunuk dalam keterangan tertulis, Senin (28/11/2022).

"Guru akan tetap menjadi mercusuar, penunjuk arah kemudi bagi murid menuju masa depan terbaik mereka,” imbuhnya.

Melalui Merdeka Belajar, kata Nunuk, arah pendidikan dapat tertata dan transformasi pendidikan bisa diwujudkan. Menurutnya, Merdeka Belajar sudah sangat membantu membentuk perspektif pendidikan ke depan.

"Sehingga kita dengan cepat dapat mencarikan solusi dalam menyelesaikan masalah pendidikan baik di masa pandemi maupun pascapandemi," jelasnya.

Lebih lanjut, Nunuk berpesan kepada para guru agar bersama-sama berinovasi mewujudkan Merdeka Belajar. Ia mengajak para guru untuk mampu mengarahkan potensi positif teknologi informasi.

"Mari kita bersama bergandengan tangan saling berbagi dalam praktik baik pendidikan demi masa depan Indonesia yang baik," pungkasnya.

Editor : -

Tag : #kemendikbudristek    #guru    #pendidikan    #merdeka belajar    #nunuk suryani   

Baca Juga