Penyebab Stang Motor Goyang dan Cara Memperbaikinya

Juni | Otomotif | 28-11-2022

Stang Motor (Foto: Parboaboa/Juni)

PARBOABOA, Pematang Siantar – Kondisi stang motor goyang dapat membahayakan pengendara dan menjadi pemicu terjadinya kecelakaan fatal. Penyebabnya adalah adanya kerusakan pada beberapa komponen motor.

Umumnya, motor yang mengalami stang goyang adalah motor harian yang sering dipakai. Jika kerusakannya fatal, sebaiknya segera membawa motor ke bengkel terdekat ntuk mendapat perbaikan.

Dilansir dari lama resmi Suzuki, periksa komponen-komponen berikut ini untuk mendeteksi penyebab stang motor goyang.

1. Ban

Kondisi ban yang kurang angin atau botak dapat menyebabkan stang motor goyang atau kurang stabil. Selain itu, ukuran ban yang tak sesuai dengan standar juga bisa membuat stang goyang ketika melewati jalan rusak atau berlubang.

Sebaiknya periksa apakah ada benjolan pada ban yang biasanya disebabkan dari benturan dengan batu atau ketebalan ban mulai berkurang. Jika penyebabnya karena ban, sebaiknya segera lakukan penggantian dengan yang baru.

2. Velg

Penyebab berikutnya bisa juga karena adanya kerusakan di bagian velg. Bisa saja velg mengalami peyang karena menghantam lubang saat kecepatan tinggi.

Untuk mengetahui kondisi velg masih stabil, pasang standar dua motor lalu putar ban dan perhatikan dari bagian depan. Jika bergoyang, sudah bisa dipastikan velg bermasalah.

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah velg adalah dengan menggantinya. Jangan lupa untuk selalu memakai velg berukuran standar sesuai jenis motor Anda.

3. Komstir Longgar

Komstir merupakan bagian dari kendaraan yang sangat penting dalam pengendalian laju motor. Letaknya berada pada rangka motor bagian depan, yakni dia antara segitiga garpu.

Kerusakan yang umumnya terjadi adalah komstir yang longgar sehingga menyebabkan stang sulit untuk digerakkan. Saat Anda ingin berbelok, stang terasa akan berjalan lurus.

Untuk mengembalikannya seperti semula, tidak ada cara lain selain menggantinya dengan yang baru.

4. Segitiga Stir

Stir goyang juga disebabkan oleh rusaknya segitiga penghubung stang dengan shockbreaker. Apabila di bagian garpu kiri dan kanan tidak sejajar, maka akan menciptakan kondisi goyang pada stang motor.

Untuk mengetahui adanya kerusakan pada segitiga stir, diperlukan alat khusus bernama fuller. Jika kerusakan karena segitiga stir, maka harus di bawa ke bengkel untuk dipress agar kembali ke posisi semula.

5. Bearing Roda

Bearing terletak di bagian tengah roda yang berfungsi untuk membuat as roda tidak bergesekan secara langsung dengan rumah roda. Komponen yang satu ini juga akan membuat putaran roda jadi lebih stabil.

Untuk mengecek apakah bearing roda mengalami kerusakan, goyangkan roda ke kanan dan kiri. Jika bisa digerakkan, berarti bearing mengalami masalah dan harus diganti dengan yang baru.

6. Shockbreaker

Penyebab selanjutnya adalah kondisi shockbreaker motor. Ada dua masalah yang bisa muncul, yakni shockbreaker bergeser atau bantalan karet yang tidak rapat.

Jika sudah demikian, Anda harus membawanya ke bengkel untuk mengencangkan bantalan karet atau mengembalikan posisi shockbreaker seperti semula.

Itulah tadi beberapa komponen yang harus diperhatikan saat stang motor terasa goyang dan tidak stabil. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin guna meastikan motor dalam kondisi sehat dan prima.

Tag : #stang motor    #sepeda motor    #otomotif    #perawatan motor    #komponen motor   

Baca Juga