Kenali Penyebab Rem Cakram Motor Macet dan Cara Mengatasinya.

Riders, Kenali Penyebab Rem Cakram Motor Macet dan Cara Mengatasinya

Maraden | Otomotif | 17-12-2021

PARBOABOA – Rem merupakan komponen penting pada motor. Untuk itu, jika ditemukan masalah, sebaiknya kamu segera mencari tahu penyebabnya karena akan berbahaya jika didiamkan saja.

Motor yang menggunakan rem cakram pastinya tak lepas dari sejumlah masalah, salah satunya saat mengalami seret atau macet ketika digunakan.

Kamu harus segera mengeceknya sebelum melakukan perjalanan. Sebab apabila sudah terjadi kemacetan pada rem cakram motor, bisa berakibat gagal mengerem yang berbuntut fatal.

Rem cakram yang mengalami macet ditandai dengan roda tidak bisa berputar kembali meski tuas rem sudah dilepas. Hal itu disebabkan kampas rem masih melekat pada bagian cakram, sehingga roda terkunci dan tidak bisa berputar.

Berikut sejumlah penyebab rem cakram motor macet atau seret dan tips memperbaikinya.

1. Kotoran

Penyebab rem cakram macet yang paling sering terjadi adalah kotoran yangmenempel pada cakram rem. Biasanya berasal dari debu dan melekat pada bagian cakram saat melintas di jalanan.

Debu yang tidak segera dibersihkan menyebabkan kinerja rem cakram seret dan lama kelamaan bisa menjadi macet. Jika terus dibiarkan, akan menyebabkan komponen lain ikut rusak.

Untuk mengatasi hal ini, hanya perlu membersihkannya secara rutin. Caranya, buka dan lepaskan kaliper pada piringan cakram dengan kunci L. Setelah itu, semprot bagian celah piston kecil dan master rem hingga bersih dan pasang kembali.

2. Karat

Penyebab rem cakram motor mengalami seret bisa juga diakibatkan oleh karat di bagian piringan rem cakram. Karat yang semakin banyak kan membuat permukaan kasar pada cakram dan akhirnya mengganjal kampas rem hingga berujung macet.

Cara mengatasinya ialang dengan sejumlah langkah sederhana. Pertama, buka dan lepas kaliper pada piringan cakram. Kemudian bersihkan karat dengan cairan perontok karat hingga piringan bersih. Unutk karat yang membandel, dapat dibersihkan dengan amplas halus yang dibasahi terlebih dahulu.

3. Masalah Kampas Rem

Kampas rem yang tidak cocok dengan dudukannya di kaliper rem akan membuat putaran piringan cakram akan terganggu. Biasanya kampas rem yang dibeli terpisah kemungkinan memiliki dimensi terlalu tebal. Hal itu membuat kampas menyangkut dan megnunci pada piringan hingga membuat roda tak bisa berputar.

Selain itu kondisi kampas rem yang aus juga menyebabkan pengereman menjadi tidak sempurna. Bila dipaksakan dapat menimbulkan suara berdecit atau berisik ketika tuas rem ditarik.

Untuk mengatasinya, cara paling mudah adalah dengan mengganti kampas rem dengan yang baru dan sesuai dengan dudukan kampas dan juga kaliper rem cakram.

Tag : #motor    #sepeda motor    #rem cakram    #masalah rem cakaram merawat rem cakram    #memperbaiki rem cakram    #tips otomotif    #info moto   

Baca Juga