Penyebab Pintu Mobil Terkunci Sendiri (Dok celebrities.id)

Pintu Mobil Terkunci Sendiri? Ini Penyebabnya

Juni | Otomotif | 11-08-2022

PARBOABOA – Pernahkah kamu mengalami pintu mobil terkunci dengan sendirinya padahal kunci masih tertinggal di dalam? Saat mengalami hal ini, banyak orang yang akan panik dan berpikir untuk mencongkel list karet di kaca.

Bagaimana tidak, semua barang penting termasuk kunci mobil itu sendiri masih tertinggal di dalam mobil dan tak bisa diambil. Tentu sangat disayangkan jika harus membuka pintu dengan cara merusak komponen mobil.

Untuk itu, kamu bisa mengantisipasi hal itu dengan mengetahui penyebabnya. Lalu, sebenarnya apa penyebab pintu mobil terkunci sendiri? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Pintu Pernah Tertabrak atau Penyok

Setiap pintu mobil dilengkapi dengan berbagai komponen yang bisa membuatnya membuka dan menutup. Selain itu, komponen tersebut juga berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan kaca jendela.

Mobil yang pernah mengalami kecelakaan dan penyok terutama di bagian pintu, akan berdampak pada kerusakan komponen. Salah satunya adalah pintu mobil yang mengunci sendiri. Benturan keras pada pintu mobil bisa mengubah posisi komponen-komponen, baik itu gigi penggerak, handle pintu yang tidak responsif, dan beberapa bagian penting lainnya.

 2. Penggerak Pintu Mobil Bermasalah

Setiap komponen pada mesin mobil memiliki usia pemakaian yang wajib diperhatikan dan diganti jika sudah waktunya. Jika tidak diperiksa secara berkala, penggerak pintu mobil tidak berfungsi normal.

Motor penggerak pada pintu mobil yang kurang perawatan atau karena usia pemakaian yang telah lama bisa tiba-tiba menjadi seret dan juga berkarat. Sehingga pintu mobil pun akan usah dibuka bahkan dapat mengakibatkan pintu terkunci sendiri.

3. Kotoran pada Handle Menumpuk

Pintu mobil yang terkunci dengan sendirinya juga bisa disebabkan karena kotoran atau debu yang menempel di handle mobil. Kondisi tersebut akan membuat komponen mesin menjadi aus dan berpengaruh buruk pada pintu.

Jika tidak segera dibersihkan, lama-kelamaan handle pintu akan mengalami karat. Itulah sebabnya pintu menjadi sulit dibuka.

Demikian informasi seputar penyebab pintu mobil terkunci sendiri. Sebelum mengalami permasalahan yang sama pada mobil kesayanganmu, jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan semua komponen bekerja dengan baik.

Tag : #pintu mobil    #kunci mobil    #otomotif    #tips    #info otomotif   

Baca Juga