Asap Putih Dari Knalpot Mobil (Foto: moladin.com)

Keluar Asap Putih dari Knalpot Mobil? Berikut Penyebabnya

Juni | Otomotif | 02-09-2022

PARBOABOA – Mobil adalah alat transportasi yang banyak digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Dalam menjalankan perannya, mobil mempunyai beberapa komponen untuk menunjang kinerjanya, salah satunya knalpot.

Knalpot berfungsi sebagai alat untuk pembuangan gas dari hasil pembakaran. Komponen mobil yang satu ini biasanya terletak di bagian belakang tepatnya dibawah bodi mobil.

Akan tetapi, tak jarang ditemukan knalpot mobil mengeluarkan asap putih. Penyebab pertama munculnya asap putih tersebut adalah pengeluaran emisi oleh mobil dari hasil pembakaran dalam mesin.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang penyebab knalpot mobil mengeluarkan asap putih, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Oli Bocor ke Ruang Pembakaran

Oli bocor ke ruang pembakaran merupakan salah satu penyebab mobil mengeluarkan asap putih. Ada beberapa hal yang menyebabkan oli bocor, antara lain klep bocor, gasket bocor, silinder mesin aus, atau retakan di dinding silinder.

Kondisi tersebut bukan hanya membuat mobil mengeluarkan asap putih dari knalpot, tapi juga masalah lain seperti mesin susah dihidupkan.

2. Terdapat Sisa Air di Knalpot

Genangan air kerap terperangkap di dalam knalpot mobil yang akhirnya akan menguap karena gas buang. Hasil penguapan tersebut akan berbentuk asap yang sedikit berwarna putih. Masalah ini biasanya tidak akan berlangsung lama dan akan kembali normal jika genangan air dalam knalpot sudah habis.

Sebaiknya jangan biarkan air sering masuk de dalam knalpot karena dapat menyebabkan pipa pembuangan cepat keropos.

3. Air Pendingin Bocor

Air pendingin atau coolant yang bocor ke ruang bakar juga bisa menyebabkan munculnya asap putih dan mesin overheat. Kebocoran air pendingin bisa disebabkan oleh retakan di dinding silinder.

4. Pengembunan Gas Buang

Mobil dengan sistem pembakaran yang sempurna ditandai dengan tidak munculnya asap putih dari knalpot. Saat mesin mobil bekerja, campuran udara dan bahan bakar menjadi satu bagian penting yang membuat pembakaran menjadi lebih sempurna.

Akan tetapi, tidak jarang ditemukan air bening tanpa disertai asap keluar dari knalpot mobil. Namun gejala ini tak perlu dikhawatirkan karena itu artinya mesin mobil masih dalam kondisi yang baik.

Itulah beberapa faktor penyebab asap putih dari knalpot mobil. Dengan keluarnya asap putih dari knalpot mobil, bisa saja ada yang bermasalah dengan kendaraanmu. Untuk itu, segera lakukan pengecekan untuk memastikan mobil kesayanganmu selalu dalam kondisi prima.

Tag : #knalpot    #mobil    #otomotif    #komponen mobil    #perawatan mobil    #tips   

Baca Juga