Penyebab Kaca Mobil Berjamur (Foto: bersihinaja.com)

3 Penyebab Kaca Mobil Berjamur yang Jarang Diketahui

Juni | Otomotif | 08-09-2022

PARBOABOA – Melakukan perawatan pada mobil merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik kendaraan. Salah satu bagian mobil yang tak boleh luput dari perhatian adalah kaca mobil.

Kaca mobil menjadi bagian penting demi kenyamanan penglihatan saat berkendara. Kerenanya, ketika ada jamur yang menempel, tentu akan sangat mengganggu. Kondisi kaca yang bersih membuat visibilitas atau jangkauan pandang lebih bagus.

Kaca mobil yang tidak dirawat secara rutin dapat menimbulkan sejumlah masalah, salah satunya adalah keberadaan jamur pada kaca.

Lalu, apa sebenarnya penyebab kaca mobil berjamur? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Air Hujan

Setiap pengemudi tentunya pernah mengahadapi berbagai kondisi cuaca, mulai dari hujan hingga panas. Saat hujan mengguyur, biasanya akan diseka menggunakan penyeka kaca atau wipper. Akan tetapi, ketika hujan reda, terdapat sisa-sisa air air hujan yang masih menempel di kaca mobil.

Apabila tidak segera dibersihkan, bekas air hujan ini akan sulit dibersihkan. Terlebih lagi jika sudah kering karena panas matahari.

2. Proses Pengeringan Tidak Sempurna

Selain hujan, jamur pada kaca mobil juga bisa terjadi karena proses pengeringan mobil yang tidak sempurna. Umumnya, setelah mencuci mobil akan dilakukan proses pengeringan dengan menggunakan lap.

Namun proses pengeringan ini tidak maksimal sehingga menyebabkan bercak air di bagian-bagian tertentu, salah satunya pada kaca mobil.

3. Kualitas Air

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika mencuci mobil adalah kualitas air yang digunakan. Jika kualitas air kurang bagus, dapat menyebabkan munculnya jamur pada kaca mobil.

Contohnya saja seperti air tanah yang mengandung besi kuning, garam, dan kandungan kapur tinggi. Jenis-jenis air tersebut bisa menimbulkan jamur sehingga kaca mobil terlihat lebih kusam. Untuk mencegah hal itu, sebaiknya gunakan air pam saat akan mencuci mobil.

Itulah tadi tiga hal penyebab kaca mobil berjamur yang wajib diketahui. Pastikan kamu memahaminya untuk mencegah timbulnya jamur di kaca mobil, sehingga Anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Tag : #kaca mobil    #komponen mobil    #otomotif    #tips    #perawatan mobil   

Baca Juga