Ilustrasi

5 Penyebab HP Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Wanovy | Teknologi | 26-09-2022

PARBOABOA - Penyebab HP mati sendiri dan cara mengatasinya akan sangat mudah dipahami jika memang mengetahui pangkal masalahnya.

Jadi pemilik HP tidak perlu lagi mendatangi atau mengandalkantenmpat servis. Caranya tentuPemilik HP harus mengenali penyebabnya terlebih dahulu untuk mendapatkan solusinya.

Penyebab HP mati itu bisa terjadi karena dua hal, terjadi masalah pada perangkat lunak (software) atau pada perangkat keras (hardware). Hal itu bisa terjadi pada HP lama ataupun baru.

Jika Anda mengalami HP mati mendadak dengan intensitas yang cukup sering, maka ada baiknya untuk menyimak tips dan cara untuk mengatasi HP yang mendadak mati.

Penyebab HP Mati Hidup Sendiri

Ada beragam penyebab HP mati hidup sendiri yang perlu diketahui. Tidak hanya karena kerusakan masa hardware, melainkan juga dapat disebabkan oleh perangkat lunak atau sistem yang bermasalah.

Oleh karena itu sebelum tahu bagaimana cara mengatasi HP mati hidup sendiri, cek dulu apa saja penyebab HP mati hidup sendiri. Karena itulah di bawah ini penjelasan mengenai panduan cara mengatasi HP mati hidup sendiri.

Baterai pada ponsel yang bermasalah.

Ponsel terlalu panas sehingga menyebabkan beberapa fungsi dari HP mungkin saja juga bermasalah.

Penyimpanan pada ponsel yang penuh sehingga dapat menyebabkan HP tiba-tiba bisa restart sendiri atau menjadi lebih lambat.

Sistem yang error sehingga menyebabkan ponsel mati hidup sendiri.

Masalah pada tombol fisik power ponsel.

Itulah beberapa penyebab mengapa HP bisa mati hidup sendiri. Sehingga memudahkan kalian mendeteksi permasalahan pada HP yang mati hidup sendiri.

Cara Mengatasi HP yang Mati Sendiri

Terlepas dari apa pun penyebabnya, hp yang sering tiba-tiba mati sendiri dapat diatasi dengan langkah berikut.

1. Restart hp

Cara paling mudah untuk mengatasi hp mati sendiri yaitu melakukan restart. Restart ini adalah penyegaran sistem supaya performa hp jadi lebih maksimal.

Saat Anda melakukan restart hp, seluruh file sampah yang tidak dipakai akan terhapus sehingga sistem hp akan lebih fresh untuk digunakan kembali secara optimal.

2. Isi ulang baterai smartphone

Jika HP tetap tidak bisa kembali dinyalakan setelah mati mendadak, ada kemungkinan bahwa daya yang terdapat dalam baterai telah habis.

Pengguna dapat melakukan isi ulang daya baterai kurang lebih dalam waktu satu jam dan coba kembali nyalakan ulang HP.

Apabila daya baterai tidak terisi saat HP sedang di-charge, pastikan kembali adapter charger telah terpasang dengan sempurna ke lubang stop kontak.

3. Reset hp

Penyebab hp mati sendiri bisa karena sistem internalnya bermasalah. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda melakukan reset ulang hp supaya kembali ke pengaturan awal dari pabrik.

Akan tetapi, proses reset ini akan menghapus seluruh data-data di hp. Termasuk aplikasi, file foto, video, hingga kontak telepon.

4. Hubungi customer service

Apabila cara pertama belum berhasil, alternatifnya bisa menghubungi customer service sesuai merek hp yang digunakan.

Melalui layanan customer service, Anda bisa menyampaikan keluhan yang terjadi pada hp. Biasanya pemilik hp akan diminta datang ke service center terdekat.

Demikianlah informasi mengenai penyebab HP mati sendiri dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Tag : #hp hang    #hp error    #teknologi    #tips    #android    #reset hp   

Baca Juga